E-Toll Expired Karena Kelamaan di Tol, Ini Cara Mengatasinya - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
E-Toll Expired Karena Kelamaan di Tol, Ini Cara Mengatasinya
Tangkapan layar video viral seorang pengendara mobil yang mengalami e-Toll Expired (Foto: Instagram @infocegatansolo)
BERITA Kanal Viral

E-Toll Expired Karena Kelamaan di Tol, Ini Cara Mengatasinya

Satukanal.com, Nasional– Sebuah video yang memperlihatkan seorang pengendara mobil yang mengaku tak tahu bahwa kartu e-Toll miliknya telah expired atau kadaluwarsa ramai diperbincangkan di media sosial.

Ceritanya bermula ketika pengendara mobil yang tak diketahui namanya akan keluar dari jalan tol. Saat ia menempelkan kartu e-Toll miliknya di gardu tol, justru keluar tulisan expired alias kadaluwarsa.

Dalam keterangannya, pegunggah menyebutkan bahwa kartu e-Toll itu kadaluwarsa karena terlalu lama di rest area, sehingga melebihi batas waktu yang sudah ditentukan. Akibatnya, palang pintu gerbang tol pun tidak terbuka.

Diketahui, video tersebut diunggah oleh akun instagram @infocegatansolo pada Jum’at (29/10/2021). Meski demikian, hingga Kamis (11/11/2021) video tersebut telah mendapat 21.864 viewer dan 71 komentar.

Melihat dari apa yang terjadi oleh pengendara tersebut, dilansir dari kompas.com, Marketing and Communication Department head Jasa Marga Transjawa Toll Road Regional Division Corry annelia Poundti menjelaskan bahwa informasi kadaluwarsa pada kartu e-Toll merupakan mekanisme pengendalian transaksi yang dilakukan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

Baca Juga :  4 Jurusan dengan Biaya Kuliah Termahal, Berminat?
Tangkapan layar video viral seorang pengendara mobil yang mengalami e-Toll Expired (Foto: Instagram @infocegatansolo)

Hal tersebut dilakukan berdasarkan evaluasi waktu pengendara menggunakan jalan tol. Sedangkan, untuk batas waktu kadaluwarsa e-Toll adalah 1,5 jam sampai 2 kali dari waktu tempuh normal. Melalui stafnya, ia pun memberikan link instagram resmi Jasa Marga Transjawa @official.jasamargatransjawatol terkait masa kadaluwarsa e-toll dan tindakan yang harus dilakukan.

“Mekanisme pengendalian transaksi kartu e-toll card expired ini dilakukan agar tercipta kualitas pengelolaan pendapatan tol zero loss dan aman,” tulis akun @official.jasamargatransjawatol. Lalu, jika kejadian serupa terjadi pada pengendara lain apa yang harus dilakukan? Berikut ulasannya:

1. Jangan Panik

Apabila Anda mendapat informasi bahwa kartu kartu e-Toll expired  ketika berada di pintu gerbang tol dan palang pintu tidak terbuka, jangan langsung panik dan bingung harus melakukan apa. Tetap tenang dan segera lakukan langkah untuk meminta bantuan.

2. Tekan Tombol Bantuan

Kemudian, yang harus dilakukan saat muncul tulisan e-Toll Card Expired dan palang pintu tidak terbuka yakni dengan menekan tombol bantuan yang berada di gerbang tol. Biasanya, tombol bantuan ini berwarna merah dan bertuliskan ‘Tombol Bantuan’.

Baca Juga :  Grup K-POP BTS Berkolaborasi dengan Among Us!

3. Tunggu Petugas Datang

Nantinya, akan ada petugas yang datang dan memberikan bantuan untuk menyelesaikan transaksi di gerbang tol tersebut. Dengan begitu, maka pengendara pun dapat kembali melanjutkan perjalan dan melintas di gerbang tol.

Sebagai informasi, informasi kadaluwarsapada kartu e-Toll merupakan mekanisme pengendalian transaksi yang dilakukan oleh PT Jasa Marga (persero) Tbk. Mekanisme pengendalian transaksi kartu e-Toll card expired ini dilakukan agar tercipta kualitas pengelolaan pendapatan tol zero loss dan aman.

Batas waktu perjalanan sebagai evaluasi pengendalian adalah berdasarkan 1,5 sampai 2 kali dari waktu tempuh normal. Kartu e-Toll kadaluwarsa tidak menyebabkan saldo uang elektronik hangus tetapi saldo kartu e-Toll tetap terpotong saat proses tapping sesuai tarif asal gerbang dan tujuan.

 

 

 

Pewarta : Adinda

Kanal Terkait