E-SPPT PBB, Wajib Pajak Bisa Dibayarkan Dimana Saja - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
E-SPPT PBB, Wajib Pajak Bisa Dibayarkan Dimana Saja
Foto: Bapenda Kota Malang
STRAIGHT NEWS

E-SPPT PBB, Wajib Pajak Bisa Dibayarkan Dimana Saja

SATUKANAL.com, MALANG– Kini, wajib pajak bisa dibayarkan melalui toko modern, aplikasi market place dan Bank Jatim setelah diluncurkannya aplikasi Elektronik Surat Pemberitahuan Pajak Terutang Pajak Bumi dan Bangunan (E-SPPT PBB).

E-SPPT tersebut dilaunching oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang bersama dengan jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Malang bertempat di Balai Kota Malang, Rabu (07/04/2021).

Sutiaji selaku Wali Kota Malang menuturkan bahwa peluncurann aplikasi E-SPPT merupakan bentuk komitmen Pemkot Malang untuk mewujudkan pelayanan publik yang prima. “Ini merupakan komitmen kita bagaimana pelayanan publik yang prima menjadi fokus utama,” tuturnya.

Ia mengatakan, dengan adanya E-SPPt PBB ini masyakat bisa melakukan pengecekan dengan hanya mengunjungi websitenya yakni http://pajak.malangkota.go.id/sppt/. Jadi, bisa dicetak dari rumah masing-masing. “Seperti ini dengan E-SPPT PBB bisa memudahkan wajib pajak yang bisa dilakukan dimana saja,” lanjutnya.

Baca Juga :  Kota Malang Targetkan Smart City Terwujud di Seluruh Aspek Pada 2022

Ke depannya, kata Sutiaji, inovasi dari tiap OPD Kota Malang harus berbasis aplikasi yang dapat diunduh di handphone masing-masing. Sutiaji berharap, cara ini dapat mendorong pelayanan publik yang prima dan transparan.

Senada dengan Sutiai, wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi juga mengatakan bahwa invasi E-SPPT PBB memudahkan pembayaran wajib pajak. Bahkan ia juga langsung mempraktekkannya dengan membayar rumah pribadinya di Kawasan Janti Kota Malang.

Menurut Sofyan, jumlah tempat pembayaran E-SPPT ini juga tersebar di sekitar wajb pajak. Selain itu,juga bisa dilakukan melalui e-banking. “Tentu sangat emmudahkann asyarakat efektif, efisiensi dan tidak mengganggu pekerjaan atau kegiatan rutin kita semua,” kata Sofyan.

Baca Juga :  HUT Kota Malang, Sejumlah Mantan Wali Kota Hadir Kenakan Pakaian Khas Malangan

Lebih lanjut ia berpesan, agar masyarakat seakin meningkatkan keadaran wajib pajak. “Bagaimanapun juga, masyarakat gak hanya menunggu SPPT fisik saja baru bisa bayar, tapi bisa ngecek langung Sppt secara online,” lanjutnya.

Sementara itu, kepala Bapenda Kota malang, Hadi Priyanto mengungkapkan bahwa kendala wajib pajak untuk membayar bisa tertuntaskan smua dengan E-SPPT PBB. “Wajib pajak cukup mengingat nilai obyek pajak untuk mencetak SPPT. Dengan kemudahan ini dia berharap mampu memicu naiknya Pendapatan Asli Daerah (PAD) di sektor PBB dan juga mempermudah pelayanan prima,” pungkasnya.

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait