E-KTP Beralih Digital, Simak Syarat dan Cara Buatnya - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
KTP NFT
Kartu tanda penduduk (KTP) (Foto: Naviska/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Artikel

E-KTP Beralih Digital, Simak Syarat dan Cara Buatnya

Satukanal.com, Nasional – Tak lama lagi, E-KTP bakal beralih menjadi digital dan akan diterapkan di seluruh wilayah Indonesia. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tengah menyiapkan identitas digital dengan melakukan digitalisasi informasi data E-KTP.

Zudan Arif Fakrullohh selaku Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri mengatakan bahwa, identitas digital ini nantinya akan bisa disimpan di dalam ponsel. Data e-KTP tersebut akan dipindahkan dari blangko fisik ke digital.

Selain itu, dengan adanya inovasi pelayanan tersebut masyarakat nantinya tidak perlu repot saat membuat e-KTP. Sebab, dapat dilakukan secara online dan tidak perlu mencari surat pengantar dari RT maupu RW layaknya membuat e-KTP secara manual.

Baca Juga :  Cara Bayar Lazada Paylater Pakai Ovo, Anti Ribet!

Syarat membuat e-KTP digital

  • Memiliki ponsel pintar,
  • Daerah pemohon harus memiliki koneksi internet,
  • Dapat mengoperasikan smartphone.

Cara pembuatan e-KTP Digital

  • Instal aplikasi Identitas Digital (PPID Kemendagri) di ponsel,
  • Lakukan registrasi dengan memasukkan NIK, alamat email, dan nomor ponsel,
  • Kemudian lakukan verifikasi data lewat face recognition atau verifikasi wajah,
  • Pemohon kemudian melakukan verifikasi email,
  • Setelah berhasil, kembai ke menu aplikasi ID dan login.

Zudan menyampaikan e-KTP berbentuk digital akan memudahkan masyarakat apabila kehilangan kartu identitas. Nantinya masyarakat cukup menunjukkan QR code untuk pembuktian identitas dan verifikasi data.

Baca Juga :  PT KAI Rilis Daftar Harga Kereta Api Eksekutif Mulai dari Rp 50.000

“Tidak ada lagi konsep KTP-el hilang. KTP-elnya di digitalkan dalam HP dan ada QR codenya. Kalau HP hilang, ikut hilang itu identitas digitalnya. Nanti minta lagi ke dukcapil dikirim ke nomor HP yang baru,” jelasnya.

E-KTP berbentuk QR Code mempercepat proses pelayanan publik yang membutuhkan data penduduk. Selain itu, identitas digital juga diklaim lebih aman.

Sementara, uji coba tersebut telah dilakukan di 50 kabupaten/kota. “Misal yang saya ingat itu Salatiga, Dompu, Kota Bima, Kota Bandung,” jelasnya.

 

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait