e-HAC Jadi Syarat Wajib Perjalanan Udara dan Laut. Simak Panduannya! - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
e-HAC Jadi Syarat Wajib Perjalanan Udara dan Laut. Simak Panduannya!
BERITA Kanal Highlight

e-HAC Jadi Syarat Wajib Perjalanan Udara dan Laut. Simak Panduannya!

SATUKANAL.com, NASIONAL– Pelaku perjalanan udara dan laut diwajibkan untuk mengisi e-HAC sebagai syarat perjalanan dalam negeri.

Persyaratan pengisian e-Hac itu mengacu pada Surat Edaran Nomor 7 Tahun 2021 Tentang perpanjangan Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Covid-19.

e-HAC sendiri merupakan kartu kewaspadaan kesehatan versi modern dari kartu manual yang sebelumnya digunakan. Dalam e-HAC dicatat pula alamat tujuan dan keberangatan pelaku perjalanan.

Sementara itu, e-HAC juga diimbau bagi pelaku perjalanan dengan seluruh moda transportasi darat umum maupun pribadi. Sifatnya baru sebatas imbauan, bukan wajib seperti perjalanan udara dan laut.

Melalui Aplikasi

Sedangkan untuk pengisian e-Hac dapat dilakukan melalui aplikasi atau website resmi e-HAC. Berikut panduan mengisi e-HAC melalui aplikasi:

1. Unduh Aplikasi

Langkah pertama untuk mengisi e-Hac menggunakan aplikasi pada ponsel adalah mengunduh aplikasi “EHAC” Indonesia di Google Store atau Apple Store. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis, tanpa perlu mengeluarkan biaya.

2. Setting Aplikasi

Setelah diunduh, lakukan setting atau pengaturan aplikasi yang meliputi pemilihan bahasa, registrasi user atau pengguna baru. Lakukan pula setting lokasi perangkat agar aplikasi tersebut dapat digunakan dengan baik.

3. Buat Kartu Kewaspadaan Kesehatan Elektronik e-HAC

Setelah selesai melakukan setting awal, maka akan muncul tampilan halaman utama e-HAC. Pada tampilan tersebut digunakan untuk membuat Kartu Kewaspadaan Kesehatan Elektroik e-HAC. Selanjutnya pilih tombol “visitor” atau “pengunjung”.

4. Fitur e-HAC

Selanjutnya, akan muncul pilihan beberapa tombol yakni Data Profil (untuk masuk halaman profil) atau Panik (untuk ditean saat kondisi darurat dan butuh bantuan media). Ada pula tombol HAC (untu mengisi Kartu Kewaspadaan Kesehatan).

Baca Juga :  Lonjakan Covid-19, Ini Cara Penggunaan Masker Ganda Untuk Proteksi Diri

5. Isi Kartu Kewaspadaan Kesehatan

Pilih tombol HAC untuk melakukan pengisian kartu kewaspadaan kesehatan. Setelah itu akan muncul dua pilihan yakni HAC Indonesia digunakan untuk membuat kartu e-HAC saat berkunjung ke Indonesia dari luar negeri dan HAC domestik Indonesia digunakan untuk membuat kartu e-HAC saat akan bepergian antar kota di Indonesia.

6. Isi Form Registrasi

Isi data diri pada form registrasi yang muncul meliputi nama, usia, jenis kelamin, negara, nomor identitas, lokasi tujuan, perkiraan waktu kedatangan, kendaraan, dan sebagainya. Jika sudah, klik “Selanjutnya”. Isi pulaform registrasi mengenai lkasi asal dan jika sudah selesai klik selanjutnya.

7. Isi Form Gangguan Kesehatan

Isi form mengenai gangguan kesehatan yang dialami dengan menandai check box yang sesuai gejala yang dirasa, dan kosongi jika tak ada gejala. Selanjutnya klik Submit. Setelah seua selesai, halaman awal  HAC akan muncul dan diisitu akan tampil Kartu Kewaspadaan Kesehatan E-HAC yang baru dibuat.

8. Lihat HAC atau Hapus HAC

Berikutnya, pilih HAC untuk membuka menu pilihan dan akan muncul pilihan yakni “Lihat HAC” untuk menampilkan informasi pada HAC dan menampilkan barcode HAC yang digunakan untuk ditunjukkan kepada petugas saat check point pemeriksaan. Kemudian “Hapus HAC” untuk menghapusnya apabila ternyata ada informasi yang salah.

Melalui Web e-HAC

Ada pula cara pengisian e-HAC melalui website resminya di www.inahac.kemkes.go.id. Untuk lebih mudahnya, berikut panduannya:

1. Buka Laman

Langkah pertama yakni buka laman www.inahac.kemkes.go.id. Kemudan untuk memulainya dengan klik tombol “Get Started”.

2. Lakukan Pendaftaran

Pilih Sign Up untuk memulai pendaftaran dengan mengisi e-mail dan password Masuk ke dashboard pengguna melalui alamat: https://inahac.kemkes.go.id/webhac.

Baca Juga :  Potret Pembelajaran Awal Semester di Tengah PPKM Darurat

3. Pilih Asal Perjalanan

Pilih tombol “Domestik” atau dari menu dropd own klik “My eHAC”, lalu menu “Create eHAC Domestik”. Bila Anda dari luar negeri, pilih tombol “Foreign” atau klik dari menu drop down “My eHAC”, pilih menu “Create eHAC Foreign”.

4. Mulai Pengisian Form

Isi data yang tersedia meliputi data pribadi dan lokasi tujuan, jika sudah klik “Next”. Selanjutnya, isi form kedua yang meliputi data daerah asal, jika sudah klik “Next”. Form selanjutnya adalah form deklarasi kesehatan. Isi gejala kesehatan yang Anda alami dengan sebenar-benarnya, kosongkan pilihan jika tak merasakan gejala, selanjutnya klik “Next”.

5. Pernyataan Kebenaran Informasi

Selanjutnya, pendaftar diminta untuk menyatakan kebenaran informasi yang sudah diisikan pada form-form sebelumnya. Jika masih ragu, Anda dapat kembali memeriksa isian sebelumnya dengan menekan tombol “Previous”. Bila informasi yang Anda isikan sebelumnya sudah sesuai, tandai check box persetujuan dan pilih tombol “Finish” pada bagian bawah form, untuk mengirim data yang Anda isi serta menampilkan HAC yang dibuat.

6. Hasil HAC

Jika HAC yang Anda buat berhasil, maka akan tampil pada layar perangkat pemberitahuan, bahwa HAC berhasil dibuat. Pilih tombol untuk download HAC sesuai bahasa pengantar yang diinginkan. Dapat pula dicetak untuk diperlihatkan kepada petugas di tempat pemeriksaan, atau dapat juga mendownloadnya dan menyimpannya ke ponsel untuk memudahkan membawanya.

 

 

 

Pewarta : Adinda
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait