Dukungan Psikososial bagi Anak-anak Terdampak Pandemi Covid-19 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pemulihan kondisi psikososial anak-anak terdampak pandemi Covid-19 di Kota Malang. (foto: Lutfia/satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Dukungan Psikososial bagi Anak-anak Terdampak Pandemi Covid-19

Satukanal.com, Malang – Polri dan TNI memberikan dukungan psikososial untuk anak-anak yatim/piatu yang orang tuanya meninggal akibat Covid-19 beserta anak-anak difabel. Sekitar 70 anak-anak dikumpulkan di Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya, Malang Selasa (2/11/2021). Mereka diajak mendengarkan dongeng, menyanyi, menari dan diberikan santunan.

Acara yang diselenggarakan di 34 provinsi di seluruh Indonesia ini dibuka sekitar pukul 09.00 WIB. Kota Malang dipilih sebagai lokasi diselenggarakannya acara untuk anak yatim/piatu akibat Covid-19 dan anak difabel untuk provinsi Jawa Timur. Acara di Mabes Polri sebagai lokasi pusat kegiatan secara daring.

Beberapa pihak mulai dari Kapolda Jawa Timur, Walikota Malang, Kapolres Kota Malang, Komandan Dandim, Komandan Korem, beserta pihak-pihak yang terlibat lainnya menghadiri acara ini.

Baca Juga :  Komunitas Stasion Wujudkan Kota Malang Mendunia Melalui Industri Kreatif Digital
Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta memberikan motivasi pada anak-anak yang terdampak Covid-19. (foto: Lutfia/satukanal.com)

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta mengatakan, tujuan diselenggarakannya acara ini untuk memulihkan kondisi psikososial anak-anak yang menjadi yatim/piatu akibat pandemi Covid-19. Bersamaan dengan acara ini pula diharapkan baik dari TNI-POLRI, pemerintah, maupun unsur pendidikan seperti perguruan tinggi dapat memberikan pelayanan terbaik dalam merawat anak-anak dan juga penyandang difabel.

“Kami yakin hal ini bisa berjalan, karena pernah kita adakan acara dengan melibatkan 7.400 anak-anak yang terdampak diberikan fasilitas kesehatan dan pernah kita kerjasama dengan BPJS kesehatan. Jadi anak-anak ini bisa mendapatkan pengobatan gratis di RS Bhayangkara se-Jatim,” ungkap Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta.

Baca Juga :  Kasus Covid-19 Mulai Turun, Jombang Segera Bersiap Menuju PPKM Level 1

Seusainya seremonial pembukaan acara dari siaran langsung Mabes Polri, acara dilanjutkan dengan dukungan Psikososial oleh Himpunan Psikologi Jawa Timur (HIMPSI JATIM) dan juga Tim Komunitas Dongeng yang berasal dari Jakarta dan Surabaya.

Kapolda Jatim juga mengharapkan dengan dukungan yang diberikan oleh semua elemen, program Psikososial untuk anak yatim/piatu akibat Covid-19 beserta anak-anak difabel lainnya dapat terpicu semangat mereka untuk meraih masa depan yang lebih cerah. Harapannya juga acara ini dapat berlanjut secara konsisten dan tidak hanya berhenti pada hari ini saja.

Pewarta : Lutfia

Editor : Danu S

Kanal Terkait