Dukung Mobilitas Kades Saat Pandemi, Pemkab Malang Bagikan 1 Unit Sepeda Motor Dinas Baru - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Dukung Mobilitas Kades Saat Pandemi, Pemkab Malang Bagikan 1 Unit Sepeda Motor Dinas Baru
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Dukung Mobilitas Kades Saat Pandemi, Pemkab Malang Bagikan 1 Unit Sepeda Motor Dinas Baru

SATUKANAL.com, MALANG– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang akan membagikan 1 unit sepeda motor dinas baru kepada setiap Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Malang dalam waktu dekat ini.

Muhammad Sanusi selaku Bupati Malang menyampaikan bahwa pemberian sepeda motor dipastikan tidak ada kendala dan berjalan mulus. Ia menggatakan jika proses pemberian sepeda motor ini masih ditata. Sedangkan untuk pembagiannya kemungkinan akan berlangsung pada senin (28/12/2020) di kasembon selanjutnya secara bergiliran.

“Masih ditata. Mungkin besok diantar ke  Pujon, Ngantang, Kasembon. Nanti bergiliran dibagikannya,” ungkapnya.

Sementara itu, gagasan terkait pemberian sepeda motor oleh Pemkab Malang untuk operasional kepala desa dan lurah tersebut sudah ada sejak pertengahan Agustus 2020.  Hal itu didasari  banyaknya sepeda motor operasional kepala desa dan lurah yang sudah rusak dan sulit digunakan sebagai kendaraan dengan mobilitas tinggi.

Baca Juga :  Sebagai Garda Terdepan Dalam Pemberitaan, Pemkab Malang Libatkan Wartawan Saat Vaksinasi Prioritas Kedua

“Keseluruhan sepeda motor yang akan diberikan kepada kepala desa berjumlah 390 unit dengan dua jenis sepeda motor yaitu motor matic dan motor trail,” ungkapnya lebih lanjut.

Sanusi juga mengatakan jika ratusan motor yang akan diberikan tersebut berasal dari pabrikan Yamaha dengan tipe N-Max dan WR 155 R.

Menurutnya, pandemi covid-19 seperti saat ini mempunyai urgensi penting dengan pemberian unit sepeda motor kepada kepala desa di Kabupaten Malang.

“Karena sepeda motor yang lalu itu tidak bisa digunakan. Ini dalam rangka menangani Covid-19 agar kades (kepala desa) bisa menangani di daerah-daerah terpencil,” tutur Sanusi.

Baca Juga :  Test GeNose C19 Mulai Berlaku di Stasiun Malang

Pemberian sepeda motor baru saat pandemi Covid-19 ini membuat Pemkab Malang merogoh kocek dalam-dalam. Sebesar Rp 13 miliar lebih telah digunakan untuk membeli ratusan sepeda motor tersebut.

Dana yang digunakan untuk membeli 390 sepeda motor matik dan trail tersebut, Sanusi mengaku menggunakan dana hibah ke masing-masing desa. Namun dia tidak menyebutkan jumlah detailnya.

“Rp 13 miliar. Waktu itu anggarannya dibahas ketika saya cuti,” kata Sanusi.

Sanusi menyatakan, proses penganggaran ratusan motor baru itu telah melalui proses yang sesuai regulasi.

“Pembahasan anggarannya di DPRD dilakukan ketika saya cuti (kampanye). Realisasinya pak PJ (pelaksana jabatan) waktu itu. Ini tinggal dibagikan,” terangnya sekali lagi.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait