Dukung Mahasiswa Terdampak Covid-19, Pemkab Banyuwangi Berikan Beasiswa Banyuwangi Cerdas | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Dukung Mahasiswa Terdampak Covid-19, Pemkab Banyuwangi Berikan Beasiswa Banyuwangi Cerdas
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Dukung Mahasiswa Terdampak Covid-19, Pemkab Banyuwangi Berikan Beasiswa Banyuwangi Cerdas

SATUKANAL.com, BANYUWANGI– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi kembali menyalurkan Beasiswa Banyuwangi Cerdas kepada 303 mahasiswa. Beasiswa Cerdas ini diberikan kepada siswa berprestasi dan kurang mampu. Beasiswa ini juga diberikan kepada para yatim piatu serta para penyandang disabilitas berprestasi.

Menariknya, pada tahun ini beasiswa Cerdas juga diberikan kepada mahasiswa dari keluarga yang terdampak covid-19.

Program beasiswa Banyuwangi Cerdas yang telah diluncurkan sejak 2011 ini diserahkan secara simbolis oleh Bupati Banyuwangi abdullah Azwar Anas. Penyerahan ini dilakukan di pendopo kabupaten pada Rabu (2/12/2020).

Sementara itu, untuk kriteria utama penerima program Beasiswa Banyuwangi Cerdas adalah anak muda dari keluarga kurang mampu, namun mempunyai potensi dan prestasi.

Melansir dari akun instagram Penmkab Banyuwangi, program ini adalah bagian dari upaya peningkatan daya saing SDM Banyuwangi.

“Melalui program ini, Banyuwangi memberikan akses bagi anak-anak yang kurang beruntung untuk melangkah ke bangku perguruan tinggi. Sejak diluncurkan, tak kurang 1.800 anak muda yang mendapatkan program ini. Anggaran yang dikucurkan total sudah mencapai Rp 26,25 miliar,” kata Anas.

Baca Juga :  Arus Lalin Jembatan Tambong Banyuwangi Macet, Truk Muatan Kreker Semen Alami Pecah Ban

Dalam kesempatan itu, Anas juga berpesan agar para mahasiswa menjadi agen perubahan yang terus membawa semangat optimisme bagi generasi penerus bangsa.

“Semoga beasiswa ini bisa menjadi pendorong para mahasiswa untuk terus berprestasi. Optimisme dan spirit berinovasi ini harus selalu dijaga oleh generasi muda seperti kalian. Di tangan kalian masa depan daerah dan bangsa ini ditentukan,” kata Anas di hadapan ratusan penerima beasiswa.

Senada dengan hal tersebut, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Banyuwangi Suratno menjelaskan, hingga tahun 2020 total dana yang dikucurkan program beasiswa Banyuwangi Cerdas mencapai Rp. 26,25 miliar.

Baca Juga :  Harga Kedelai Naik, Produsen dan Penjual Tahu Tempe di Banyuwangi Lakukan Berbagai Cara

“Rinciannya yaitu 303 penerima tersebut terbagi dalam tiga kelompok,” ungkapnya.

Menurut Suratno, Rincian kategorinya terbagi menjadi tiga. Pertama yaitu dari jalur masuk ke kampus yang menekan kerja sama dengan Pemkab Banyuwangi ada 85 orang. Pemkab sendiri telah melakukan kerja sama dengan empat perguruan tinggi negeri di Indonesi.

Sedangkan kategori dua yaitu mahasiswa yang telah menempuh kuliah dan mengajukan beasiswa untuk membantu pembiayaan proses kuliah yang telah berjalan. Total, pada tahun ini disetujui 96 mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ini dari hasil verifikasi persyaratan.

Terakhir, kategori ketiga yaitu diberikan khusus tahun ini untuk 122 mahasiswa dari keluarga yang terdampak covid-19.

“Jalur ini khusus bagi mahasiswa yang berkuliah di perguruan tinggi di Banyuwangi,” kata Suratno.

 

Pewarta: Adinda A.I.U.
Editor: Redaksi Satukanal

 

Kanal Terkait