Dugaan KKN Dinas Pendidikan, FBTA Segera Bawa ke Ranah Hukum - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Dugaan KKN Dinas pendidikan, FBTA segera bawa ke rana hukum
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Dugaan KKN Dinas Pendidikan, FBTA Segera Bawa ke Ranah Hukum

SATUKANAL.COM, BANYUWANGI – Proyek pembangunan dua gedung SD di Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi diduga menyimpang dari aturan. Proyek diduga tak disertai Surat Perintah Kerja (SPK) dan juga tanpa Rencana Anggaran Bangunan ( RAB ).

Rosidi Zein Ketua Forum Banyuwangi Transparansi Anggaran menyebut, pembangunan tanpa SPK dan RAB itu terjadi pada proyek pembangunan gedung SDN 5 dan SDN 2 Kebunrejo Kecamatan Kalibaru Banyuwangi.

“Jika tanpa SPK dan RAB saat pembangunan maka diduga itu merupakan bentuk pelanggaran dan ada indikasi dugaan KKN yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan,” kata Rosidi Zein kepada Rabu (10/3/2021).

Baca Juga :  Pendaftaran PPDB SMA/SMK 2021/2022 Jatim Buka Hingga Juni, Ini Persyaratan dan Cara Daftarnya

Jika tanpa SPK, menurut Rosidi, proyek pembangunan sangat merugikan sekolah sebagai user.  Sebab, tidak ada acuan kualitas dan kuantitas. Sehingga, pembangunan sekolah dilakukan dibangun secara acak. Dia juga menilai ada potensi pelanggaran hukum. Oleh karena itu, FBTA mendorong kejaksaan serta kepolisian untuk mengusut dugaan KKN dalam proyek tersebut.

“Dengan demikian maka kami sebagai Forum Banyuwangi Transparansi anggaran akan melaporkan ke kejaksaan serta kepolisian Banyuwangi,” ujarnya.

Baca Juga :  Pendaftaran PPDB SMA/SMK 2021/2022 Jatim Buka Hingga Juni, Ini Persyaratan dan Cara Daftarnya

Sementara Suratno Kepala Dinas Pendidikan mengatakan sudah menegur keras adanya pengerjaan tersebut. “Sudah kami tegur keras dan menghentikan pengerjaan,” ujarnya.

Pewarta: Abdul Konik
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait