DPRD Batu Gelar Paripurna Penetapan Walikota Terpilih | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

DPRD Batu Gelar Paripurna Penetapan Walikota Terpilih

Satuchannel.com, Kota Batu – Rapat paripurna istimewa penetapan Walikota dan Wakil Walikota Batu 2017 digelar oleh DPRD Kota Batu, di Ruang Sidang DPRD Kota Batu, Rabu (12/4). Rapat paripurna istimewa ini digelar sesuai dengan Undang – Undang No. 10 tahun 2016 terkait Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, khususnya pasal 160 a.

Menurut Ketua DPRD Kota Batu, Cahyo Edi Purnomo rapat paripurna istimewa ini merupakan wewenang DPRD sebelum usulan penetapan Walikota terpilih diusulkan kepada Gubernur.

Baca Juga :  Terkait Perlindungan dan Pemenuhan Hak Disabilitas, Akan Masuk dalam Raperda Kabupaten Kediri 2021

“Mekanismenya sebelum diusulkan ke Gubernur, DPRD akan melakukan rapat paripurna penetapan Walikota dan Wawali terpilih.” Ujar Cahyo Edi.

Ia menambahkan rapat paripurna digelar usai berkas rapat pleno oleh KPU terkait penetapan Pasangan Calon (Paslon) pemenenang Pilkada diserahkan pada Kamis (6/4).

“Waktu penentuan penetapan oleh DPRD digelar lima hari kerja usai KPU serahkan berkasnya. Setelah itu hasil rapat paripurna ini akan diberikan kepada Gubernur sebagai syarat mendapatkan surat keputusan penetapan Mendagri (Menteri Dalam Negeri) untuk selanjutnya dilantik oleh Gubernur Jawa Timur.

Baca Juga :  Terkait Perlindungan dan Pemenuhan Hak Disabilitas, Akan Masuk dalam Raperda Kabupaten Kediri 2021

Nantinya mekanisme pelantikannya diserahkan kepada Gubernur, apakah dilantik di Kota Batu, atau di luar Kota Batu. Namun, Cahyo sendiri berharap Gubernur berkenan melantik Walikota Batu di Kota Batu, mengingat Kota Batu satu – satunya daerah di Jawa Timur yang menyelenggarakan Pilkada serentak 2017 dengan sukses bahkan dengan partisipasi pemilih di atas rata – rata nasional. (Aris)

Kanal Terkait