Tunjang Belajar Daring, Dosen Pemerintahan UB Kenalkan Situs Pembelajaran untuk Santri - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Tunjang Belajar Daring, Dosen Pemerintahan UB Kenalkan Situs Pembelajaran untuk Santri
Para santri saat dikenalkan mengenai situs Pembelajaran Daring (Foto: Dokementasi Andi Setiawan)
BERITA Kanal Straight

Tunjang Belajar Daring, Dosen Pemerintahan UB Kenalkan Situs Pembelajaran untuk Santri

Satukanal.com, Malang– Hampir dua tahun lamanya masa pembelajaran daring, nyatanya masih saja banyak kasus soal kurangnya pemahaman siswa soal situs-situs penunjang pembelajaran mereka.

Hal ini tentunya menjadi tugas rumah tersendiri bagi civitas akademik. Apalagi dengan makin majunya teknologi, tentu membuat siswa perlu memilah dengan baik informasi digital yang mereka terima.

Alasan tersebutlah yang membuat Dosen Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Brawijaya (FISIP UB) Andi Setiawan S IP, M SI dan Rizqi Bachtiar, S AP, M AP bersama mahasiswa ampuannya tergerak untuk memberikan pemahaman bagi santri, anak asuh dari Panti Asuhan Putra Ulil Abshar, Kecamatan Dau Kabupaten Malang, soal berbagai situs daring yang bermanfaat bagi pembelajaran mereka.

Baca Juga :  Prodi Seni Rupa UB Gelar Pameran Seni pada 15-17 Oktober 2021

“Selain itu kami juga memberikan pemahaman kepada siswa atau santri agar dapat membedakan berita bohong dan berita benar yang tersebar di internet,” ujar Andi pada Satukanal.com.

Hal lain yang melatarbelakangi yakni salah satu bentuk pengabdian dari keduanya. Mengingat, perkembangan teknologi digital baik informasi dan internet memberikan konsekuensi bagi para penggunanya.

Informasi dapat dibuat dengan mudah dan didistribusi dengan cepat kepada pengguna informasi yang membutuhkan. Konsekuensi dari kondisi ini adalah melimpahnya jumlah informasi, sehingga terkadang menimbulkan kesulitan bagi pengguna informasi dalam mengakses informasi yang dibutuhkan.

Baca Juga :  Tahun 2040, Pemerintah Bakal Stop Penjualan Kendaraan yang Pakai BBM

“Inti dari kegiatan ini adalah menyebarkan segala informasi dengan cara mensosialisasikan kepada target melalui beberapa cara seperti penayangan game education, dan penjelasan-penjelasan terkait literasi digital serta praktik dalam mengoperasionalkan aplikasi komputer atau gawai,” imbuhnya

Melalui kegiatan ini keduanya berharap, dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotorik dalam menggunakan media digital ataupun melakukan pencarian informasi terkait tugas akademik.

 

 

Pewarta: Chosa Setya
Editor : Adinda

Kanal Terkait