Dominasi Guru, Warnai Formasi ASN Kabupaten Malang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Dominasi Guru, Warnai Formasi ASN Kabupaten Malang
ilustrasi seleksi CPNS formasi guru (Foto: Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Dominasi Guru, Warnai Formasi ASN Kabupaten Malang

Satukanal.com, Malang –  Kabupaten Malang tetap menyiapkan jatah formasi bagi calon ASN, meski Badan Kepegawaian Nasional (BKN) memutuskan untuk menunda penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021.

Kabupaten Malang yang didominasi formasi guru, pihak Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Malang telah menyiapkan kuota sebanyak 2.560 dalam formasi CPNS tahun 2021.

Sementara terkait dengan rincian dari kuota yang disiapkan BKPSDM Kabupaten Malang antara lain, sebanyak 2.206 untuk Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja (PPPK) dan 354 untuk CPNS.

Sedangkan, untuk PPPK Kabupaten Malang menyiapkan 2.081 untuk guru, 124 untuk tenaga kesehatan serta 1 orang untuk tenaga teknis. Sedangkan untuk CPNS sebanyak 239 untuk tenaga kesehatan serta 115 untuk tenaga teknis.

Baca Juga :  Wabup Ajak Pengusaha Muda Investasi di Kabupaten Malang

Dominasi guru dalam penerimaan tahun ini bukan tanpa alasan. Tenaga pendidik menjadi salah satu kebutuhan utama dari Kabupaten Malang saat ini. Data Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Malang mencatat, angka kebutuhan guru di Kabupaten Malang mencapai 7.000 orang.

Selain itu, Data dari Dispendik Kabupaten Malang mencatat angka pensiun guru dalam tiga tahun kedepan yang juga masih cukup tinggi. Hal ini lah yang menjadi alasan formasi terbanyak didominasi oleh profesi guru.

Namun, kali ini terdapat perbedaan formasi guru yang diajukan dengan jatah yang diberikan oleh KemenPAN-RB untuk Kabupaten Malang. Kepala Dispendik Kabupaten Malang, Rachmat Hardijono mengungkapkan pihaknya telah mengajukan sebanyak 2.122 guru non PNS menjadi PPPK pada (11/12) lalu.

Baca Juga :  Panglima TNI dan Kapolri Cek Penanganan Covid-19 di Kabupaten Kediri

“Angka tersebut kami ajukan bersama BKPSDM Kabupaten Malang. Dan telah diverifikasi saat rapat koordinasi di Pulau Bali oleh KemenPAN-RB, BKN bersama Ditjen GTK Kemdikbud ,” terang Rachmat pada Satukanal.com.

Sebagai informasi, rincian formasi guru yang diajukan Kabupaten Malang untuk tahun 2021 ini meliputi 1.672 untuk formasi guru Sekolah Dasar (SD) dan 450 untuk guru Sekolah Menengah Pertama (SMP).

 

 

Pewarta : Wildan Agta
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait