SATUKANAL.COM
BERITA

DLH Kota Malang Sebut Masyarakat Masih Sering Buang Sampah Sembarangan

Memiliki tugas untuk membuat Kota Malang terlihat selalu bersih, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bidang Kebersihan ingin meningkatkan sosialisasi kepada seluruh elemen masyarakat. DLH akan mendorong masyarakat memiliki tempat sampah dan tidak membuang sampah sembarangan.

Bagi DLH Bidang Kebersihan, segala lapisan masyarakat perlu memiliki tempat sampah, baik di lingkungan perkantoran, perkampungan, perumahan ataupun pemilik usaha kos-kosan.

Kepala Bidang Kebersihan DLH Kota Malang Joao Maria Gomes Je Carvalho atau yang lebih akrab disapa Joe mengaku saat ini masih banyak masyarakat yang belum sadar akan kebersihan.

Baca Juga :  DLH Kabupaten Kediri Ajak Pemerintah Desa Bangun TPS3R

“Kami terus berupaya menyosialisasikan kepada masyarakat, baik itu sekolah, pemilik kos-kosan, atau perusahaan, agar selalu memiliki tempat sampah. Dan sebisa mungkin tidak membuang sampah ke selokan, bahkan langsung ke sungai,” kata kepala bidang yang juga kerap ikut turun ke lapangan bersama pasukan kuning ini.

Lebih dari itu, saat ini Joe mengaku sudah memberi saran kepada pimpinannya agar bersama-sama secara kelembagaan melakukan sosialisasi kepada komunitas di Kota Malang hingga ke kantor dinas.

Baca Juga :  DLH Kabupaten Kediri Ajak Pemerintah Desa Bangun TPS3R

“Kami sudah katakan kepada pimpinan agar melakukan sosialisasi secara berjenjang dan menyentuh semua komunitas. Kantor-kantor dinas pun tidak boleh luput dari sosialisasi karena menurut saya mereka harus jadi contoh dari masyarakat,” ungkapnya.

Hal itu dirasa perlu karena saat ini masih banyak saja orang yang membuang sampah sembarangan. Bahkan dilakukan ketika ada petugas kebersihan.

“Jangankan yang tidak tahu, pasukan saja yang ketika baru membersihkan belum jauh beranjak, sudah kotor lagi. Itu yang saya rasa perlu disosialisasikan,” pungkasnya.

Kanal Terkait