SATUKANAL.COM
DKPP Kabupaten Kediri Menghimbau Pedagang Hewan Qurban Patuhi Protokol Kesehatan Saat  Berjualan
Foto : Sidak Hewan Qurban DKPP Kabupaten Kediri
BERITA COVID-19 HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

DKPP Kabupaten Kediri Menghimbau Pedagang Hewan Qurban Patuhi Protokol Kesehatan Saat  Berjualan

SATUKANAL, KEDIRIDinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, DKPP Kabupaten Kediri menghimbau pedagang hewan qurban patuhi protokol kesehatan di masa pandemi covid-19 yang berlaku saat menjual dagangannya.

Kepala DKPP Kabupaten Kediri, Tutik Purniwaningsih dalam sesi sidak hewan qurban mengatakan, pihaknya telah menghimbau kepada para pedagang secara langsung di lapak tempat berjualan.

“Untuk pedagang sudah kami himbau untuk menerapkan protokol kesehatan, mulai dari pemilihan, pemeriksaan hewan qurban, transaksi pembelian semua dilakukan dengan protokol kesehatan,” jelas wanita yang juga menjabat sebagai PLT Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kediri itu. Selasa (21/7/2020).

Tindakan  DKPP Kabupaten Kediri menghimbau pedagang hewan qurban patuhi protokol kesehatan diambil lantaran Kabupaten Kediri masih di Zona Merah dengan kasus tambahan hampir setiap hari. “Ini untuk kebaikan penjual dan pembeli juga agar kasus Covid-19 di Kabupaten Kediri ini dapat ditekan,” katanya.

Baca Juga :  Dinas Perikanan Tebar 60.500 ekor Ikan di Sumber Rau

Tak hanya pedagang, Tutik pun juga menghimbau untuk para takmir masjid agar nantinya dalam proses penyembelihan juga memakai protokol kesehatan yang berlaku.

“Kami menghimbau kepada para takmir di Kabupaten Kediri untuk menerapkan protokol kesehatan pada saat melakukan penyembelihan kambing, jika biasanya satu kambing yang memproses itu ada 10 orang, kali ini diusahakan hanya 5 orang saja,” katanya.

“Packing juga begitu jangan menugaskan ibu-ibu se-RT, harus diminmalisir, dan juga saat pembagian, jika sebelumnya memakai sistim kupon kali ini bisa diantar ke rumah penerima qurban,” tuturnya.

Tutik berharap ke depan para pedagang mau terus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku agar warga Kabupaten Kediri segera terlepas dari bahaya virus corona yang masih mengancam kesehatan.

Baca Juga :  Walikota Kediri Tindak Lanjuti Laporan Warganya Yang Terlantar

“Harapan kami semua pedagang di Kabupaten Kediri semua mematuhi protokol yang berlaku, minimal jarak, dan jangan bergerombol, setelah ini juga kami persiapkan kami buatkan selebaran protokol kesehatan dan hewan yang sudah layak beli akan kami beri tanda,” katanya.

Selain mensosialisasikan protokol kesehatan hari ini DKPP juga memeriksa sejumlah hewan qurban, hasilnya dari beberpa tempat didapati sejumlah hewan yang belum layak qurban.

“Hasil pemeriksaan hewan qurban, dalam kondisi sehat semua, kemudian dari segi umur memang masih ada beberapa yang belum memenuhi syarat, untuk yang cacat kita temukan ada satu tadi testisnya hanya satu,” pungkas Tutik.

    Kanal Terkait