Disperindag Blitar Temukan Sejumlah Timbangan Tak Akurat di Pasar Kanigoro - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Sidak pengecekan timbangan di Pasar Kanigoro (GIlang Bachtiar/satukanal)
BERITA Kanal Straight

Disperindag Blitar Temukan Sejumlah Timbangan Tak Akurat di Pasar Kanigoro

Satukanal.com, Blitar – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Blitar memberikan pembinaan kepada sejumlah pedagang pasar, sebab menggunakan timbangan yang tidak cocok. Hal itu ditemukan saat melakukan pengawasan di Pasar Kanigoro, Rabu (27/10/2021).

“Agenda hari ini, kita melakukan pengawasan, pembinaan, dan pendataan di pasar Kanigoro. Hasilnya memang ada beberapa temuan timbangan para pedagang yang tidak cocok,” kata Widyo Guntoro, Kepala Badan Metrologi Disperindag Kabupaten Blitar.

Guntoro menjelaskan, dari sekitar 100 pedagang yang didata, setidaknya ada 6 timbangan yang tidak cocok. Dari pemeriksaan yang dilakukan, ada beberapa temuan timbangan yang berkurang dan berlebih.

Baca Juga :  Mengenal Pandu Digital, Sebuah Program Digitalisasi Tingkat Desa Ala Pemkab Blitar

“Artinya kalau berkurang akan merugikan konsumen. Sebaliknya kalau berlebih merugikan pedagang. Tadi kita sudah mengumpulkan para pemilik timbangan itu untuk dilakukan pembinaan,” katanya.

Guntoro juga mengaku sempat ada beberapa pedagang yang komplain terhadap timbangan yang dimilikinya. Dimana pasca timbangan direparasi justru tidak cocok.

“Nah, kita juga langsung memberikan penjelasan terkait komplain pedagang. Jadi ketika timbangan tidak cocok setelah reparasi banyak disebabkan karena waktu pengangkutan timbangan dari tempat reparasi ke toko mereka, biasanya ada pisau timbangan yang tidak pas atau ada yang meleset,” jelasnya.

Baca Juga :  Ratusan Warga Ikuti Vaksinasi "Door to Door" di Pasar Legi Kota Blitar

Guntoro menambahkan, pedagang di pasar Kanigoro banyak yang sadar dan menanyakan kapan uji tera ulang kembali dilakukan. Karena selama pandemi Covid-19 tidak melakukan uji tera selama dua tahun.

“Pada saat pandemi selama dua tahun kita tidak melakukan uji tera ulang. Tapi sudah kita sarankan, kalau ada permasalahan soal timbangan langsung datang ke kantor atau menghubunginya, nanti petugas akan datang,” imbuhnya.

 

 

Pewarta: Gilang Bachtiar
Editor:  Ubaidhillah

Kanal Terkait