Dispendukcapil Malang Lakukan 'Jemput Bola' untuk Maksimalkan Data Rekaman | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Dispendukcapil Malang Lakukan ‘Jemput Bola’ untuk Maksimalkan Data Rekaman

Satuchannel.com, Kota Malang – Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Malang mengaku akan memaksimalkan data rekaman masyarakat dengan sejumlah cara jemput bola. Hal dikarenakan bila setidaknya sebesar 4 persen dari total jumlah masyarakat belum mengurus atau melakukan perekaman e-KTP.

Sekertaris (Dispendukcapil) Kota Malang, Slamet Utomo mengatakan ada beberapa faktor yang sebenarnya menjadi penyebab belum dilakukannya perekaman bagi sebagian penduduk itu. Diantaranya memang ada yang tengah sakit, lanjut usia, dan masih berada di luar negeri.

Baca Juga :  Warga Protes Air Bau Minyak Tanah, Pihak PDAM Malang Sarankan Tak Gunakan Air

Khusus bagi warga yang tengah sakit dan lanjut usia, Dispendukcapil berusaha melakukan perekaman dengan cara jemput bola, dengan mendatangi rumah sakit atau kediaman yang bersangkutan. Sementara bagi pemula, Dispendukcapil jemput bola dengan mendatangi tempat sekolah seperti SMA dan SMK.

“Untuk yang ada di luar negeri sudah kami sosialisasikan kepada keluarga yang ada di sini, agar segera diurus,” katanya kepada awak media Kamis (8/6).

Baca Juga :  Pemkot Malang Gelar KIP Award 2020, Guna Atasi Tuntutan Masyarakat Akan Keterbukaan Informasi Publik

Selain itu, Slamet menuturkan bahwa usaha jemput bola ini juga dilakukan melalui beberapa agenda. Salah satunya seperti di Pasar Murah Stadion Gajayana. Dalam kesempatan tersebut, pengurusan E-KTP dan KIA dibuka bagi warga dan daei hasilnya beberap hari ini Antrean pun tampak ramai.

“Untuk acara seperti ini memang kami upayakan selama mobil layanan keliling belum beroperasi. Blanko pun langsung ludes, ada ratusan yang datang pada Rabu kemarin,” pungkas Slamet. (Iqb)

Kanal Terkait