SATUKANAL.COM
Dispendukcapil Kabupaten Kediri Targetkan 12.177 Penduduk Perekaman e-KTP Keliling
Pelayanan Perekaman E-KTP Keliling
ADVERTORIAL BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Dispendukcapil Kabupaten Kediri Targetkan 12.177 Penduduk Perekaman e-KTP Keliling

SATUKANAL.com, KEDIRI – Menjelang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri 2020, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Kediri akan melakukan perekaman e-KTP keliling.

Dispendukcapil mentarget sebanyak 12.177 penduduk baru tercatat dalam program keliling tersebut.

Randy Agatha, Kabid Pelayanan Pencatatan Sipil Dispendukcapil Kabupaten Kediri mengatakan akan memaksimalkan proses perekaman e-KTP nantinya untuk diperolehnya hak masyarakat mengikuti Pilkada 2020.

“Kita akan mempercepat proses perekaman e-KTP tersebut ke setiap Kecamatan dan Desa-desa dengan cara perkaman keliling mulai Oktober nanti,” katanya.

Ia mengungkapkan dalam pelaksanaan keliling nanti, akan melibatkan berbagai pihak yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pihak Kecamatan dan Pemerintah Desa.

Baca Juga :  Puluhan Pemuda Kediri Geruduk Kantor Bawaslu

“Hal ini dilakukan karena masa pandemi covid-19, jadi harus melakukan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Sasaran untuk rekam e-KTP keliling ini adalah masyarakat Kabupaten Kediri yang hingga saat 30 September 2020 telah berusia 17 tahun.

Randy juga menjelaskan aturan terkait perekaman dan pencetakan e-KTP terbaru sejak bulan Juni kemarin. Kalau sebelumnya perekaman e-KTP dapat dilaksanakan sebelum penduduk usia 17 tahun, kemudian cetaknya saat usia sudah 17 tahun. Namun saat ini aturan tersebut tidak dapat digunakan lagi.

“Jadi tidak bisa lagi perekaman dan pencetakan terpisah. Sekarang syaratnya keduanya harus saat usia sudah 17 tahun. Makanya kita kemarin sampai 30 September 2020, penduduk yang berusia 17 tahun itu kita maksimalkan untuk perekaman dan pencetakan,” jelasnya.

Baca Juga :  Puluhan Hektar Hutan di Kawasan Wilis Kediri Gundul

Menurut Randy, untuk sebuah data sifatnya sangat dinamis. Dalam arti lain ketika dicatat saat ini hingga pelaksanaannya nanti tentunya masih ada kemungkinan penambahan atau pengurangan data. Kemudian untuk secara teknis nanti penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan proses pendataannya, kita akan koordinasikan lebih lanjut dengan KPU.

“Kita hanya berproses sesuai ranah kita yaitu terkait pendataan, perekaman, dan pencetakan e-KTP. Kita pastikan nanti penduduk dapat melakukan perekaman dan pencetakan. Kemudian untuk proses selanjutnya mengenai hak suara pencoblosan itu sudah kewenangan oleh KPU,” tutupnya.

Pewarta : Anis Firmansyah
Editor : Redaksi Satukanal

    Kanal Terkait