Dispendik Berikan 7 Cara Sekolah Maju - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Dispendik Berikan 7 Cara Sekolah Maju
Foto: UNICEF
BERITA Kanal Highlight

Dispendik Berikan 7 Cara Sekolah Maju

Satukanal.com, Malang – Sebagai upaya pemenuhan standar nasional pendidikan juga sebagai bentuk memajukan lembaga sekolah, Dinas Pendidikan (Dispendik) memberikan 7 cara agar program tersebut cepat tercapai.

“Memperhatikan kebutuhan sekolah serta siswa, menjadi hal yang penting untuk menuju ke tahap selanjutnya. Dengan menganalisis mendalam sehingga dapat merumuskan Grand Design yang tepat,” ujar Sekretaris Dispendik, Suwandi saat memberikan sambutan di Kegiatan Sosialisasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tingkat Sekolah Dasar Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2021/2022 di Aula Panji.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memahami kebutuhan dari sekolah serta siswa. Cara kedua membuat rumusan Grand Design. Dari hasil analisa kebutuhan dari cara yang pertama akan muncul berbagai rumusan. Kehadiran Grand Design ini penting untuk memastikan arah sekolah kedepannya.

Baca Juga :  Pengecekan Exit Tol Singosari, 114 Kendaraan Putar Balik

“Cara ketiga adalah memastikan bakat siswa tersalurkan dengan baik. Setiap sekolah memiliki siswa dengan bakat dan keahlian masing-masing. Pihak sekolah harus memastikan bakat yang dimiliki sehingga dapat tersalurkan dengan baik,” terang pria asal Kromengan ini.

Cara selanjutnya yakni mulai melakukan perbaikan kualitas belajar-mengajar. Termasuk kualitas guru beserta dengan fasilitas yang mendukung proses belajar mengajar. Seperti halnya fasilitas ruang kelas atau media yang nantinya digunakan sebagai sarana belajar bagi siswa.

Baca Juga :  Kabupaten Malang Ditetapkan Level 3, Pembatasan Masyarakat Tetap Sama

“Cara berikutnya adalah menciptakan administrasi yang profesional. Maka, dokumen-dokumen dan beragam kebutuhan sekolahpun dapat dipenuhi dengan baik,” jelasnya.

Cara keenam adalah menjalin hubungan dengan siswa dan orang tua siswa. Pihak sekolah harus memastikan hubungan antar siswa dan wali siswa. Salah satunya dengan kegiatan pertemuan dengan wali siswa dan siswa.

“Cara terakhir adalah mendapat dukungan dari semua pihak meliputi Kepala Sekolah, Guru-guru, Administrasi, Komite, Wali Siswa, Kepala Desa beserta perangkatnya, serta tokoh masyarakat dan masyarakat sekitar,” tutupnya.

 

 

 

Pewarta : Wildan Agta Affirdausy
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait