Disparbud Kota Blitar Gandeng Seniman Masifkan Sosialisasi Peredaran Rokok Ilegal - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Disparbud Kota Blitar Gandeng Seniman Masifkan Sosialisasi Peredaran Rokok Ilegal
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar (Foto: Gilang Bahtiar/ Satukanal.com)
ADV

Disparbud Kota Blitar Gandeng Seniman Masifkan Sosialisasi Peredaran Rokok Ilegal

Satukalan.com, Blitar – Pemerintah Kota Blitar melalui Dinas Pariwisata dan kebudayaan (Disparbud) gencar melaksanakan sosialisasi rokok ilegal. Kegiatan ini terus dimasifkan diantaranya dengan sosialisasi melalui siaran radio. Targetnya, menekan peredaran rokok ilegal di Kota Blitar.

Kepala Disparbud Kota Blitar, Tri Iman Prasetyono mengatakan kegiatan sosialisasi ini dibiayai melalui Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal melalui radio dilaksanakan mulai awal bulan November lalu di dua radio swasta yang memiliki pendengar terbanyak di Kota Blitar.

“Kami menggelar sejumlah kegiatan sosialisasi ini ke masyarakat. Diantaranya melalui siaran radio. Harapannya masyarakat secara luas bisa mengetahui apa itu rokok ilegal,” kata Tri Iman, Selasa (23/11/2021).

Tri iman juga menambahkan, dalam sosialisasi di radio ini, Disparbud Kota Blitar menyampaikan mengenai jenis-jenis cukai ilegal. Masyarakat khususnya pedagang juga diimbau agar menjual rokok-rokok resmi yang berlabel sesuai dengan ketentuan yang berlaku sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan pemerintah.

Baca Juga :  Guru Agama Budha di Sekolah Formal Kota Malang Masih Minim

“Kami menilai sosialisasi dengan memanfaatkan seni dan budaya ini bisa efektif dalam mengkampanyekan Gempur Rokok Ilegal. Sosialisasi melalui seni budaya akan lebih mudah dipahami oleh masyatakat,” pungkasnya.

Selain itu, agar efektif, sosialisasi rokok ilegal disampaikan di sela-sela pagelaran seni dan budaya yang digelar Disparbud Kota Blitar. Para seniman yang tampil turut menyampaikan kampanye Gempur Rokok Ilegal melalui penampilan pagelaran seni budaya yang dipentaskan di Gedung Kesenian Aryo Blitar dan disiarkan langsung melalui siaran radio.

“Tak hanya kami dari Disparbud yang menyampaikan sosialisasi rokok ilegal, melalui siaran radio ini seniman yang tampil di pagelaran juga menyampaikan bahaya rokok ilegal dan jenis-jenis cukai ilegal. Kampanye ini kami masifkan agar masyarakat paham. Karena cukai ini merupakan salah satu pendapatan Negara yang dikembalikan ke daerah untuk pembangunan melalui DBHCHT, tambahnya.

Baca Juga :  HUB.ID Diharapkan Menstimulus Kota Malang Menjadi Kota Kreatif Berbasis Digital

Sebelumnya, Dalam pemberantasan rokok ilegal, Disparbud Kota Blitar selaku Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menerima DBHCHT gencar melaksanakan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Sebagai OPD yang bergerak di bidang pariwisata dan budaya, sosialisasi yang dilaksanakan fokus menyasar pelaku industri pariwisata baik pengelola maupun pedagang.

“Sekali lagi kami sampaikan agar masyarakat tidak membeli rokok yang tidak ada labelnya. Karena rokok tanpa label itu tidak dilekati pita cukai sehingga merugikan Negara,” tutupnya. (ADV/KMF)

 

 

Pewarta : Gilang Bahtiar
Editor : Adinda

Kanal Terkait