Disnakertans Jatim Buka 55 Posko Pengaduan THR - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Disnakertans Jatim Buka 55 Posko Pengaduan THR
HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Disnakertans Jatim Buka 55 Posko Pengaduan THR

SATUKANAL.com, JAWA TIMUR– Sebanyak 55 posko pengaduan THR dibuka untuk melayani aduan dari pekerja. Posko tersebut didirikan di Kantor Disnakertrans Jatim, di 16 kantor Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja yang tersebar di beberapa daerah serta di kantor Disnakertrans Kabupaten/kota.

Kepala Disnakertrans Jatim, Himawan Estu Bagijo menjelaskan, pendirian Posko Pengaduan THR tersebut berhubungan dengan ketepatan waktu yang dibayarkan perusahaan kepada pekerjanya. Dimana THR tersebut harus dibayarkan maksimal tujuh hari menjelang hari raya Idul Fitri.

Selain itu, pendirian posko ini, kata Himawan, juga berkaitan dengan besaran yang harus dibayarkan oleh perusahaan. Posko pengaduan dimaksudkan pula untuk menindaklaanjuti, jika ada perusahaan yang tidak bisa memenuhi pembayaran THR.

Baca Juga :  Khofifah: Santri di Jatim Diizinkan Mudik

Kalaupun ada perusahaan yang tidak bisa memenuhi pembayaran THR, aakan dilakukan penegakan dengaan cara memeriksa pengusaha dan alasan tidak bisa bayar. “Kalau tidak mampu bayar, seperti apa tidak mampunya dan ini harus sama-sama dengan serikat pekerja,” ujarnya.

Disebutkan oleh Himawan, ketika berdasarkan pemeriksaan perusahaan tersebut benar-benar tidak mampu membayar THR, Disnakertrans akan memfasilitasi pembicaraan antara perusahaan tersebut dengan para pekerja.

Baca Juga :  Perusahaan Tak Bayar THR, Disnaker Kabupaten Kediri Buka Posko Aduan Buruh

Diskusi tersbut dimaksudkam utuk mencari solusi terkait skema pembayaran THR. Seperti dicicil atau dilakukan penundaan, sesuai kesepakatan perusahaan dengan pekerja.

Himawan mengakui, hingga saat ini belum ada sanksi yang mengatur pembayaran THR. Tetapi nanti pihaknya akan menindaklanjuti dengan pembuatan berita acara. “Prinsipnya tidak sanksi tapi harus dibayar entah skema cicil 1 2 3 bulan atau apa gimana itu kesepakatan bersama,” kata Himawan.

 

 

 

Pewarta : Adinda
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait