SATUKANAL.COM
Diskopusmik Kabupaten Kediri
Foto : (Istimewa)
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Diskopusmik Kabupaten Kediri Siapkan Pendaftaran Bantuan UMKM Dari Kementrian Koperasi RI

SATUKANAL, KEDIRI – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskopusmik) Kabupaten Kediri menghimbau para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Kediri untuk segera melakukan pendaftaran Bantuan usaha mikro yang diberikan Kementerian Koperasi dan UKM RI.

“Para pelaku UMKM bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan bantuan tersebut melalui Diskopusmik Kabupaten Kediri,” Jelas Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Kopusmik Kabupaten Kediri, Syaifudin Zuchri.

Laki-laki yang akrab disapa Zuchri itu juga menyebut, untuk Kabupaten Kediri, pendaftaran telah mulai dibuka pada tanggal 24 Agustus 2020.

“Ratusan pelaku UMKM pun mendatangi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskopusmik) untuk mengajukan program bantuan produktif penanganan dampak pandemi Covid-19 tersebut.” Katanya.

Baca Juga :  Film Pendek "Pekik Sunyi Kemerdekaan" Besutan FilmMakker Asal Kota Kediri Raih Nominasi di Perlombaan Kemenkraft

Ia juga mengatakan, program bantuan ini diberikan untuk membantu pelaku UMKM agar tetap berjalan di tengah pandemi.

“Diskopusmik hanya memfasilitasi pendaftaran, sedangkan proses verifikasi dan seleksi dilakukan langsung oleh Kementerian.” Jelas Zuchri.

Ada beberapa kriteria penerima bantuan ini, diantaranya pelaku usaha mikro yang aktif melaksanakan kegiatan usaha di bawah 50 juta dan omset penjualan di bawah 300 juta pertahun.

“Pelaku usaha merupakan penduduk Kabupaten Kediri yang dibuktikan dengan KTP elektronik, bukan ASN, TNI, Polri, pegawai BUMN pegawai BUMD, serta tidak sedang menerima kredit perbankan.” Katanya.

Sementara untuk persyaratan, mengisi formulir usulan peserta program bantuan produktif usaha mikro, melampirkan fotocopy KTP elektronik, ijin usaha serta memiliki saldo tabungan di bawah Rp. 2 juta. Bagi pelaku UMKM yang dinyatakan memenuhi persyaratan akan menerima bantuan stimulus Rp. 2.400.000,- yang ditransfer melalui rekening pribadi.

Baca Juga :  Nama Walikota Kediri Dicatut Dalam Percobaan Penipuan Berkedok

“Informasi tentang bantuan ini kami sebarluaskan agar masyarakat, terutama pelaku usaha, bisa memanfaatkan program ini. Sampai saat ini jumlah pendaftar sudah mencapai 800 pelaku usaha dan ini masih terus dalam proses. Berapapun jumlahnya akan kami usulkan untuk membantu pelaku UMKM tetap eksis di tengah pandemi Covid-19 ini,” terang Zuchri.

Para pelaku usaha dapat mendaftarkan diri dengan mengirimkan berkas ke Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Kediri di Jl. Soekarno Hatta No 10 Sukorejo, Ngasem, Kabupaten Kediri.

Pewarta : Muchlis Ubaidhillah
Editor : Redaksi Satukanal

    Kanal Terkait