Dishub Kota Malang Lakukan Rekayasa Lalin, Guna Persiapkan Pembangunan Kayutangan Heritage | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
rekayasa lalin
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Dishub Kota Malang Lakukan Rekayasa Lalin, Guna Persiapkan Pembangunan Kayutangan Heritage

SATUKANAL.com, MALANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang akan melakukan rekayasa lalin (lalu lintas) demi memperlancar pembangunan koridor di kawasan Kayutangan Heritage, Kota Malang.

Kepala Dishub Kota Malang, Handi Priyanto menuturkan penutupan jalan akan dilakukan di simpang tiga depan kantor PLN dan di simpang empat Rajabali, Kota Malang serta beberapa titik lainnya. Kawasan tersebut direncanakan akan ditutup mulai 2 November hingga 20 Desember 2020.

Pembangunan Kawasan Malang Heritage ini akan dibagi menjadi dua zona yaitu Zona I (depan PLN) dan Zona II (simpang rajabali) yang akan dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Timur (Satker Pelaksanaan Prasarana Permukiman Wilayah II Provinsi Jawa Timur). Untuk itu, Sosialisasi berupa banner & pemberitahuan untuk pengguna jalan sudah mulai dipasang di beberapa wilayah dan lokasi penutupan jalan agar segera diketahui oleh masyarakat.

Rekayasa yg akan dilakukan antara lain :

  1. Dari arah Jl. Brigjen Slamet Riadi (Oro-oro Dowo) ditutup di simpang tiga Jl. Brigjen Slamet Riadi Jl. Bromo, diarahkan ke kanan menuju Jl. Bromo. Akses ke Indocell dan toko-toko sekitarnya masih bisa, ditutup total di depan kantor kursus mengemudi natuna.
  2. Dari arah Jl. Semeru ditutup di simpang bromo semeru depan Pizza Hut dan dialihkan ke Jl. Bromo. Akses ke pizza hut, lailai, dan lain-lain masih bisa. Ditutup total 500m dari simpang rajabali.
  3.  Dari arah Jl. AR Hakim (Talun) tdk bisa belok kiri ke Jl. Basuki Rahmat, diarahkan lurus ke Jl. Merdeka Utara, tetapi untuk akses ke pertokoan sepanjang Jl. Basuki Rahmat masih bisa. Ditutup total didepan Bank BNI 46.
  4. Dari arah Jl. MGR Sugiyopranoto bisa ke Jl. Majapahit dan Jl. Basuki Rahmat arah ke Selatan, tidak bisa ke utara.
  5. Dari arah Jl. Kahuripan depan Kodim 0833 menuju simpang rajabali ditutup, dialihkan ke Jl. Tumapel dan Jl. Belakang RSU. Akses ke travel haryono dan BCA masih bisa, ditutup total disamping BCA.
  6.  Dari arah Jl. Jakgung Suprapto ditutup di simpang tiga Denkesyah, diarahkan ke Jl. Patimura. Jl. Jakgung Suprapto sisi barat masih dibuka untuk akses ke Polresta hingga Avian.
Baca Juga :  Serahkan Penghargaan KOVABLIK Jatim 2020, Pemkot Malang Dorong Untuk Terus Berinovasi

Sutiaji selaku wali kota Malang juga menjelaskan bahwa kawasan Kayutangan Heritage nantinya akan menggunakan sebagian jalan. Sehingga, kawasan tersebut hanya akan digunakan satu jalur saja. Dengan pelebaran trotoar, maka masyarakat dapat beraktivitas lebih leluasa. Selain itu juga akan disiapkan ruang khusus untuk memamerkan karya ekonomi kreatif anak-anak Malang. Hal ini dilakukan karena Kawasan Kayutangan Heritage akan dijadikan sebagai koridor utama wisata heritage.

Baca Juga :  Hari Ini, Bioskop Di Kota Malang Diizinkan Beroperasi Kembali

Pembangunan Kawasan Kayutangan Heritage ini diharapkan dapat memberikan dampak positif pada sekitar kawasan tersebut. “Masyarakat nantinya bisa menjual makanan tradisional di dalam, kalau di depan tentu tidak bisa. Saya rasa sinergi kawasannya sudah bagus, sungainya juga bersih.” Ungkapnya lagi menjelaskan.

Berdasarakan informasi yang didapatkan dari akun instagram Dishub Kota Malang, dikatakan bahwa penutupan total Jl. Basuki Rahmad belum akan dilaksanakan hari ini. Hal ini dilakukan agar pelaksana proyek menyiapkan terlebih dulu akses bagi warga dan pelaku usaha di seputar lokasi penutupan.

 

Pewarta : Adinda A.I.U.
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait