Disebut Melanggar Hukum, TikTok Cash Resmi Diblokir Kominfo - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Disebut Melanggar Hukum, TikTok Cash Resmi Diblokir Kominfo
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Disebut Melanggar Hukum, TikTok Cash Resmi Diblokir Kominfo

SATUKANAL.com, NASIONAL– Kementerian Komunikasi dan Informatika resmi memblokir situs Tiktok Cash. Pemblokiran ini dilakukan lantaran situs ini diketahui telah melakukan transaksi elektronik yang melanggar hukum.

Menurut Juru Bicara Kominfo, Dedy Permadi yang dilansr dari kompas disebutkan jika TikTok Cash diblokir berdasarkan permintaan resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). OJK menyebut, pemblokiran situs tersebut dikarenakan tidak adanya izin. Sehingga diduga merupakan skema Money Game, apalgi tidak ada jasa atau barang yang dijual secara resmi.

Dilansir dari Antara, situs ini menawarkan sejumlah uang pada pengguna usai menonton video TikTok. Mereka mengklaim sebagai platform yang menghubungkan pengguna TikTok dengan selebritis internet. Namun sebelu mendapat uang, pengguna diharuskan untuk mendaftar terlebih dulu ke situs tersebut.

Baca Juga :  Bakal Rilis Akhir Juni, Begini Bocoran Windows 11

Lebih lanjut, TikTok disebut juga Cash menawarkan keanggotaan seperti pekerja sementara dengan harga Rp 89.000 dan memiliki masa berlaku delapan hari. Ada juga keangotaan ‘general manager’ dengan harga Rp 500.000 yang memiliki masa berlaku 365 hari.

Meski menggunakan nama TikTok, situs ini ternyata tidak terafiliasi dengan media sosial besutan ByteDance tersebut. Melalui laman Instagram-nya, pihak TikTok sendiri telah mengeluarkan pernyataan secara tegas bahwa TikTok Cash tidak terkait dengan platform mereka.

“Baru-baru ini, kami mengetahui bahwa ada situs web yang menggunakan nama TikTok dan meminta uang dari pengguna. Situs web, mitra dan aktivitas ini sama sekali tidak terafiliasi dengan TikTok,” tulis TikTok.

Aplikasi serupa juga pernah muncul di China pada tahun lalu yakni Zynn. Aplikasi ini merupakan tiruan TikTok dengan video pendek yang berorientasi potret, dikutip dari The Verge. Zynn juga memberlakukan pembayaran pengguna untuk mendaftar, menonton video dan meyakinkan orang lain agar mengikutinya, sama seperti TikTok Cash.

Baca Juga :  Waspada, Beras Mengandung Zat Kimia! Begini Cara Identifikasinya

Sedangkan pada aplikasi Zynn sendiri, apabila ingin mendapat uang tersebut maka pengguna diharuskan untuk menyerahkan beberapa informasi pribadi seperti Facebook, Twitter, akun Google atau nomer ponsel. Sebagai informasi yang dikutip dari kompas, laman TikTok Cash masih bisa dibuka dengan tampilan berbahasa mandarin pada kamis (11/01/2021). Terlihat sejumlah menu yang tersedia di tampilan awal, antara lain kepala layanan, bagikan, dompet dan pendatang.

 

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait