Disdukcapil Kabupaten Kediri Upayakan Percepatan Perekaman e-KTP, di Pilbup Kediri | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Disdukcapil Kabupaten Kediri Upayakan Percepatan Perekaman e-KTP, di Pilbup Kediri
ADVERTORIAL BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Disdukcapil Kabupaten Kediri Upayakan Percepatan Perekaman e-KTP, di Pilbup Kediri

SATUKANAL.com, KEDIRI – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kediri, telah melakukan percepatan perekaman e-KTP sebanyak 11.432 pemilih pemula, dalam waktu dua bulan kepada 26 Kecamatan di Kabupaten Kediri.

Hasil kegiatan perekaman dilakukan sejak bulan Oktober hingga Sabtu (06/12/2020) lalu, guna mendukung pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri 2020, pada tanggal 9 Desember mendatang.

Pencapaiaan hasil tersebut masih dibawah target awal yang ditentukan sebanyak 16.000 pemilih pemula. “Per tanggal 6 Desember didapatkan sebanyak 11.432 pemilih pemula, dari 26 kecamatan. Sisanya masih belum bisa terekam disebabkan banyak faktor, seperti keluar kota, bekerja, belajar, atau ke pondok pesantren,” kata PLT Kasi Inovasi Pelayanan dan Kerjasama, Dwiatmo Agustinus, kepada Satukanal.com, Senin (07/12/2020).

Baca Juga :  Dinsos Kabupaten Kediri, Lakukan Koordinasi dengan 9 Desa Ekslokalisasi PSK

Agustinus juga mengungkapkan, kendala lain dalam percepatan perekaman e-KTP tersebut ialah adanya data penduduk ganda antar daerah yang mempunyai di dua tempat. Warga masih belum mencabut dan pindahkan data penduduk ditempat tinggal daerah lama, ke daerah yang baru.

Meskipun demikian, ia juga menyampaikan  data ganda tersebut akan tetap berlaku satu yang valid dengan dibuktikan pada proses verivikasi sidik jari, e-KTP. “DPT per bulan September, hingga sekarang mengurus pindah belum melakukan perekaman,” terangnya.

Untuk tingkat partisipasi percepatan perrekaman e-KTP, dikatakan Agustinus cukup bagus dan antusias. Pencapaian tersebut juga dibantu dengan partisipasi dari rekan kerja KPU Kabupaten Kediri.

Baca Juga :  Vaksinasi Tahap Pertama, Total 4000 Nakes di Kota Kediri

Perekaman dilakukan untuk warga yang telah mencapai usia 17 tahun, pada saat 9 Desember 2020. Disebutkan, walaupun telah berakhir dari keseluruhan 26 Kecamatan, perekaman akan terus dilakukan hingga 9 Desember dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kediri 2020.

“Dengan jumlah data, rata-rata didapatkan 500 pemilih per hari. Kita upayakan maksimal untuk percepatan selama 3 hari kedepan. Berpotensi sebanyak 1500 pemilih pemula,” tutupnya. (Adv)

 

 

 

Pewarta : Anis Firmansah
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait