Disdikbud Jombang Dukung Vaksinasi Anak - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Gerai vaksinasi di Jombang (Anggit Puji/satukanal)
BERITA Kanal Straight

Disdikbud Jombang Dukung Vaksinasi Anak

Satukanal.com, Jombang – Wacana akan dilakukannya vaksinasi terhadap anak Sekolah Dasar (SD) usia 6 – 11 tahun masih terus menggelinding. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Jombang, siap melakukan langkah sosialisasi dan mendukung hal tersebut.

“Jika sudah ada ketentuan nya, kami siap mendukung,” ucap Agus Purnomo, Kepala Disdikbud Jombang pada Senin (8/11/2021).

Nantinya, tidak hanya pemerintah saja yang akan melakukan sosialisasi. Namun, ia akan mengajak seluruh tenaga pendidik untuk ikut mensosialisasikan vaksinasi anak dibawah usia 12 tahun tersebut.

Tidak hanya itu, di sisi lain, pihaknya juga menyiapkan sarana dan prasarana jika nantinya veksinasi akan dilakukan di sekolah. “Siap mendukung bila dilaksanakan di sekolah,” katanya.

Baca Juga :  Puluhan Kafilah Jombang Ambil Bagian pada MTQ Jatim di Pamekasan

Untuk diketahui vaksinasi khusus anak sudah dapat lampu hijau. Dinas Kesehatan (Dinkes) Jombang tunggu arahan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untk teknis selanjutnya.

Untuk diktahui, BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) telah memberikan otorisasi izin penggunaan darurat vaksin Covid 19 buatan Sinovac kepada anak dengan rentang usia 6-11 tahun.

Persetujuan perluasan indikasi ini diperoleh setelah dilakukan pembahasan dan pengkajian bersama Tim Komite Nasional Penilai Khusus Vaksin Covid 19 terhadap aspek khasiat dan keamanannya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang drg. Budi Nugroho, mengatakan hal tersebut sudah ia ketahui. Langkah selanjutnya hanya menunggu instruksi dari Kemenkes untuk memastikan kapan pelaksanaan vaksinasi anak bisa dilakukan di daerah.

Baca Juga :  Tradisi Pedang Pora, Sambut Kapolres Baru Kabupaten Jombang

“Menunggu instruksi dari Kemenkes kapan pelaksanaannya. Jenis vaksinnya Sinovac,” ujarnya.

Selain menunggu instruksi pemerintah, tiap daerah juga nantinya akan menyesuaikan dengan jumlah stok serta teknis dari pemerintah pusat. Sehingga, ketika jadwal pelaksanaan sudah siap maka di daerah sudah punya persiapan.

Sembari menunggu instruksi dari pusat, saat ini Dinkes Jombang fokus untuk melakukan vaksinasi door to door dengan target lansia. “Target mencapai vaksinasi 60 persen, sekarang masih terus dilakukan vaksinasi untuk lansia,” katanya.

 

 

Pewarta: Anggit Puji

Editor: Ubaidhillah 

    Kanal Terkait