Disdik Kediri: PPDB 2021 Akan Dikoordinir Sekolah Asal - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
10 Ribu Siswa di Kediri Dipastikan Tak Masuk SMPN
Salah satu sekolah di kabupaten Kediri/Foto: Anis Firmansyah, satukanal.com
BERITA Kanal Straight

Disdik Kediri: PPDB 2021 Akan Dikoordinir Sekolah Asal

Satukanal.com, Kediri – Penerimaan peserta didik baru (PPDB)  tahun 2021 di Kabupaten Kediri akan dimulai pada pertengahan juni mendatang. Tahun ini wali murid tidak di anjurkan untuk berbondong-bondong ke sekolah karena akan di koordinir oleh sekolah asal masing-masing.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Sujud Winarko mengatakan, aturan baru pembukaan PPDB tahun ini sesuai dengan peraturan menteri nomor 1, tahun 2021, tentang petunjuk PPDB terbaru.

Dia mengungkapkan, sosialisasi keliling akan dilakukan per kecamatan mulai tanggal 24 Mei 2021 mendatang, yang nantinya akan dihadiri oleh setiap kepala sekolah jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan masing-masing operator Sekolah Dasar (SD) untuk mewakili siswa.

Baca Juga :  Bulan Depan, Kota Malang Siap Implementasikan OSS-RBA

“Wali siswa atau anak-anak tidak perlu berbondong-bondong ke sekolah. Cukup dikoordinir oleh sekolah asalnya, dari SD atau SMP asal,” ungkap Sujud, kepada satukanal.com, Rabu 19 Mei 2021.

Dia juga menyebut, selain sosialisasi aturan pendaftaran PPDB 2021, nantinya dalam sosialisasi juga pihaknya akan memberikan edukasi pendaftaran secara online. Yang dimulai pada 21 – 26 Juni, untuk akses masyarakat dapat mengklik https://ppdb.kedirikab.go.id.

Sujud mengatakan, pihaknya akan menggencarkan sosialisasi untuk menghindari kepanikan orang tua untuk mendaftarkan anaknya. Menurut dia kepanikan terjadi sebab kurangnya kepedulian orang tua siswa, sehingga terjadi kepanikan saat menjelang hari terakhir pendaftaran PPDB kabupaten Kediri.

Baca Juga :  Guru TK Tersandung Pinjol, Ini Insentifnya Tiap Bulan

“Kendalanya ini kalau nanti tidak ada kepedulian orang tua. Seperti tahun lalu, para orang tua siswa panik,” ujarnya.

Lebih lanjut, pendaftar untuk jalur prestasi akan dibuka pada tanggal 21-23 Juni. Dilanjutkan dengan jalur, jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua atau wali dan jalur zonasi.

“Kita tempatkan kapada zonasi-zonasi dimana mereka berada. Setelah selesai, jalur perpindahan dan afirmasi,” tutupnya.

 

 

 

Penulis : Anis Firmansyah
Editor : Ubaidhillah

Kanal Terkait