SATUKANAL.COM
Akibat Covid-19, Peternak Telur Puyuh di Kabupaten Kediri Terancam Gulung Tikar
Foto : Kandang Milik Yazid Bustomi di Desa Paron Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri
BERITA STRAIGHT NEWS

Disdag Kabupaten Kediri Siapkan Skema Bantuan Kepada Peternak

SATUKANAL, KEDIRI – Pemerintah Kabupaten Kediri tengah menyiapkan skema bantuan untuk para peternak di Kediri yang terdampak pandemi Covid-19 agar terus bisa melakukan kegiatan beternak di musim pagebluk seperti sekarang ini.

Hal itu menyusul banyaknya peternak yang gulung tikar akibat pandemi Covid-19 yang belakangan ini mulai masuk di Kabupaten Kediri.

“Beberapa hari ini terkait dengan peternakan ada beberpa komoditas yang memang harganya turun, karena over produk. Kendalanya adalah karena produk peternakan yang biasanya banyak yang dijual diluar kota saat ini sementara berhenti karena pandemi corona,” jelas Tutik Purwaningsih, Pelaksana Tugas (PLT) Dinas Perdagangan Kabupaten Kediri.

Tutik mengatakan, bantuan tersebut saat ini masih dalam proses pengkajian dan segera disahkan agar para peternak tidak semakin terpuruk.

Baca Juga :  Jangan Lupa Bawa Dokumen Ini Saat PSBB di Malang Raya

“Kami masih membuat stimulan untuk saat ini agar bisa membantu mereka entah itu nantinya memberi bibit ayam maupun pakan ternak,” ujar perempuan yang akrab disapa Tutik tersebut.

Selain bantuan materi menurut Tutik, pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan peternak untuk bekerja sama menyimpan barang hasil ternak.

“Kami mengupayakan untuk lebih sering berkoordinasi dengan para peternak untuk mencoba menyimpan beberapa komoditas yang bisa bertahan lama,” ucapnya.

Tutik pun mengimbau kepada para petani untuk tetap bertahan di tengah pandemi ini.

Untuk bertahan, katanya, peternak harus lebih berhati-hati menjaga kandang dan benar-benar menghitung hasil dan pengeluarannya.

Baca Juga :  Penerapan PSBB Malang Raya, Masih Terdapat Banyak Pelanggaran

“Kami juga mengimbau kepada teman-teman peternak, untuk meningkatkan keamanan di peternakannya, biar tidak terlalu lebih terdampak, karena dengan adanya musim corona ini banyak peternak yang terdampak bahkan ada yang gulung tikar,” sebutnya.

Lebih lanjut, Tutik berharap para peternak bisa mematuhi segala bentuk larangan dan imbauan dari pemerintah.

Dia juga meminta doa para peternak agar wabah yang hari ini ada di Kabupaten Kediri segera hilang.

“Kami harapkan mulai hari ini para peternak bisa mematuhi imbauan pemerintah,” pungkasnya.

Pewarta: Muchlis Ubaidhillah

Redaktur: N Ratri

  • : Foto : Peternak Telur Puyuh di Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri

Kanal Terkait