Dirlantas Bakal Susun Prosedur Tilang Untuk Pesepeda Nakal - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Dirlantas Bakal Susun Prosedur Tilang Untuk Pesepeda Nakal
ilustrasi pesepeda nakal yang bergerombol (Foto: tangkapan layar dari media sosial)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Dirlantas Bakal Susun Prosedur Tilang Untuk Pesepeda Nakal

Satukanal.com, Nasional – Tilang untuk pesepeda yang langgar peraturan lalu lintas, rencananya akan diterapkan kedepannya dan saat ini sedang dalam proses penyusunan.

Wacana tilang ini awalnya muncul lantaran adanya beberapa foto pesepeda ramai di media sosial beberapa waktu lalu. Kali ini warganet di media sosial menyoroti sejumlah aksi pesepeda yang dianggap nakal dan semaunya sendiri.

Sebuah foto yang disoroti yakni, foto yang menampakkan seorang pengendara mengacungkan jari tengah kepada rombongan pesepeda yang memadati ruas jalan. Tampak, ia berada di depan gerobolan pesepeda yag memenuhi jalan raya tersebut.

Tak hanya itu, aksi seorang pesepeda dari sebuah video yang terekam juga sempat menjadi perbincangan warganet. Pasalnya, rombongan pesepeda di video tampak menerabas lampu merah ketika kendaraan dari arah lain sudah bersiap melaju.

Baca Juga :  Terobosan Jemput Bola UMKM Lewat SIP BANGET

Keduanya, tentu menimbulkan berbagai komentar. Namun, sebagian besar komentar menyebut bahwa mereka geram dengan aksi yang dilakukan oleh rombongan pesepeda ini. Aksinya dirasa terlalu arogan, sehingga berpotensi menimbulkan ketidaktertiban lalu intas.


Selain foto dan video yang sempat viral tersebut, sebenarnya masih banyak pula aksi pesepeda seperti itu yang terjadi di daerah-daerah lain. Namun, aksi tersebut banyak yang tidak terekam oleh kamera. Lantas, bagaimana tanggapan pihak kepolisian terkait aksi para pesepeda tersebut?

Pihak kepolisian menyebut akan segera menindak oknum-oknum pesepeda yang melakukan pelanggaran lalu lintas. Dikutip dari laman Korlantas Polri, para pesepeda yang melanggar lalu lintas seperti keluar jalur bakal dikenakan sanksi tilang dan denda.

Baca Juga :  Petani Peacock Kembali Anjlok

Direktur Lalu lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, menyampaikan SOP terkait penindakan ini masih dalam pembahasan. “Kalau ditindak tentunya harus ada barang bukti, itu yang masih dibahas, apa sepedanya disita atau KTPnya,” ujar Sambodo dikutip dari Kompas.com (07/06/2021).

Lebih lanjut disebutkan dalam rapat koordiansi dengan CJS (Crime Justice Sysytem) terkait dengan pemberian sanksi pesepeda keluar jalur akan dilaksanakan minggu depan dengan mengundang seluruh instansi terkait penegakan hukum lalu lintas.

Menurut Sabodo, rapat itu juga akan menghasilakan kesepakatan. Sehingga menajdikan Polda pertama di Indonesia yang menerapkan tilang pesepeda. Poin utama pembahasan dalam rapat tersebut salah satunya adalah barang bukti yang disita sebagai bukti tilang.

 

 

Penulis : Adinda
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait