Diresmikan Presiden Jokowi, Ini Profil Singkat SMA Taruna Nala | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Resmikan SMA Taruna Nala (Aris)
BERITA

Diresmikan Presiden Jokowi, Ini Profil Singkat SMA Taruna Nala

Satuchannel.com, Kota Malang РPresiden Joko Widodo Sabtu pagi (3/6) meresmikan SMA Taruna Nala Jawa Timur yang terletak di Jalan Raya Tlogowaru 66 Kota Malang.  Presiden didampingi Menteri Pendidikan Muhadjir Effendi dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo, secara simbolis menekan tombol sirine sebagai simbol peresmian SMA Taruna Nala.

SMA Taruna Nala sendiri sebelumnya merupakan bagian dari SMAN 10 Kota Malang yang akhir memisah dan menjadi SMA Negeri yang berbasis ketarunaan dan asrama.

Baca Juga :  Bocah Asal Banyuwangi Berhasil Rebut Juara Lomba Tembak Reaksi di Malang
Soekarwo saat sambutan (Aris)

Dalam sambutannya, Gubernur Jawa Timur Soekarwo menyatakan fasilitas SMA ini layak diapresiasi mengingat setara hotel bintang tiga pada asramanya.

“Nama Taruna Nala sendiri diambil dari nama Laksamana Nala yang merupakan komandan perang pada zaman Kerajaan Majapahit.” tutur pria yang akrab disapa Pakde Karwo.

Di sisi lain, Presiden mengapresiasi langkah Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemkot Malang bekerjasama dengan TNI AL untuk membangun sekolah berbasis taruna ini.

“Saya sangat bangga sekali di Jawa Timur di motori oleh Gubernur yang bekerjasama dengan TNI AL diberikan dukungan oleh Pemkot Malang.” ujar Presiden Jokowi.

Baca Juga :  Warga Protes Air Bau Minyak Tanah, Pihak PDAM Malang Sarankan Tak Gunakan Air

SMA Taruna Nala tahun pelajaran ini menerima 180 orang dari jumlah pendaftar yang masuk 547 orang. Dengan jumlah keseluruhan siswa mulai kelas X hingga XII mencapai 512.

Dari jumlah tersebut 30% berasal dari keluarga pra sejahtera yang dibiayai penuh oleh Pemprov. Sementara 70% lainnya biaya sendiri karena berasal dari keluarga mampu. (Aris)

Kanal Terkait