Dipercaya Mencegah Covid-19, Penjualan Jamu Herbal di Kediri Laris Manis - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Dipercaya Mencegah Covid-19, Penjualan Jamu Herbal di Kediri Laris Manis
Yuwono, penjual jamu herbal di Kediri (Foto: Anis Firmansah/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Dipercaya Mencegah Covid-19, Penjualan Jamu Herbal di Kediri Laris Manis

Satukanal.com, Kediri – Di masa pandemi Covid-19 ini, penjualan jamu herbal meningkat tajam. Salah satunya milik Yuwono, warga Kelurahan Banaran, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri yang menyebut peningkatannya mencapai 150 persen.

Dalam sehari Yuwono mengaku bisa memproduksi ramuan herbal hingga 15 kilogram. Dari sebelumnya hanya 4 hingga 5 kg/harinya.

“Permintaan yang terus meningkat. Dalam artian hari ke hari terus meningkat paling tidak ada ini kan sekitar 150, sampai 200 persen sebelum pandemi,” ungkap Yuwono, yang akrab disapa Wahyu kepada Satukanal.com.

Dia juga menjelaskan, pandemi Covid-19 khususnya di wilayah Kediri yang kembali alami peningkatan, membuat jamu herbalnya semakin banyak diburu oleh konsumen. Alasannya, tak lain karena masyarakat ingin beralih dari obat-obatan kimia ke konsumsi racikan herbal.

Baca Juga :  Manuto! Kota Malang-mu Sedang Tidak Baik-Baik Saja
Yuwono saat meracik ramuan herbalnya (Foto: Anis Firmansah/ Satukanal.com)

Yuwono juga mengakui, adanya peningkatan permintaan dari berbagai pelanggan. Sejumlah pelanggannya juga memberikan kabar kesembuhan mereka dari Covid-19 yang terkonfirmasi positif.

“Awalnya dari mulut ke mulut nyoba ini kok penyembuhan cepet. Salah satu rumah ada yang kena positif Covid-19, setelah minum itu negatif kok tidak kena semua,” jelasnya.

Dikatakan Yuwono, racikan jamu miliknya terdiri dari berbagai bahan herbal alami hasil kebun milik pribadi. Bahan herbal yang digunakan seperti serai hitam yang mengandung Ansiri dan minyak yang sangat kuat dipercaya bisa meningkatkan imunitas tubuh serta bersifat antivirus.

Baca Juga :  Coban Talun Rela Paceklik Pengunjung Demi Taat Aturan

Sedangkan bahan lain seperti kayumanis bisa memberikan energi, jahe untuk stamina, penghangat dan  antivirus. Kunyit, temulawak dan sedikit akar ginseng berdampak sebagai penambah daya tahan tubuh.

“Sebagai penambah daya tahan. Bahan-bahan tadi punya masing-masing takaran, sehingga menjadi 1 racikan,” terangnya.

Menurutnya, seluruh racikan herbal miliknya bersumber dari rekomendasi salah satu Profesor Universitas Airlangga, Surabaya. Lebih lanjut, ia juga menyebut jika sejak lama telah menekuni ramuan herbal ragam hayati tersebut.

“Racikannya ini untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh. Dengan baiknya imunitas akan berperan penting untuk melawan infeksi virus,” pungkasnya.

 

Pewarta : Anis Firmansah
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait