Lepaskan Stress, Tren Memelihara Ayam Meningkat Saat Pandemi
SATUKANAL.COM
Usaha Ternak yang Menjanjikan
Kandang yang dipenuhi aam peliharaan (Foto: Piqsels.com)
BERITA Kanal Artikel

Dipercaya Lepaskan Stress, Tren Memelihara Ayam Meningkat Saat Pandemi

Satukanal.com, Nasional– Pandemi Covid-19 membuat perubahan bagi banyak orang. Tak terkecuali perihal hewan peliharaan.

John Farrugia contohnya, memelihara sekitar 50 ekor ayam di kandang dekat rumahnya. Pria asal Amerika ini bahkan memberikan nama pada ayam-ayamnya tersebut.

“Yang satu ini bernama red cross, dia benar-benar ramah,” katanya sambil menunjuk jengger merah dan pial di kepala ayam itu.

Sementara banyak orang Amerika mengadosi anjing atau kucing di masa pandemi, tidak sedikit pula yang beralih ke ayam untuk kenyamanan mereka.

Dilansir dari National Geographic Indonesia, merawat unggas dapat memberikan rasa kemandirian dan persahabatan yang setara dengan mamalia. Selain mendapatkan telur segar setiap hari tentunya.

Permintaan Penyewaan Ayam Melonjak

Fenomena itu pun dibarengi dengan melonjaknya permintaan penyewaan ayam di Amerika pada tahun 2022 dan 2021.

Salah satu perusahaan yang membuka jasa penyewaan ayam, CT Rent a Hen menyebut, telah meyewakan 180 ayam yang tersedia pada Paril 2021. Bahkan di tahun sebelumnya, semua  ayam disewakan di bulan Maret dengan daftar tunggu 80 pelangga.

Hal serupa jugaterjadi pada Rent The Chicken yang merupakan perusahaan penyewaan ayam terbesar di Amerika Utara.

Sang pemilik, Phil Tompkins mengatakan bahwa ia telah menyewakan 45 hingga 55 kandang setahun. Pada tahun 2020, mereka menyewa 72 dan mengalami peningkatan sekitar 30 perse.

Sedangkan pada RentACoop yang berbasis di Germantown, penyewaan kandang meningkat lebih dari dua kali lipat pada tahun 2020. “Sangat sulit menemukan ayam,” kata salah satu pemilik, Diana Phillips. Menurutnya, semua ayam yang ada di peternakan juga habis terjual.

John Farrugia sebagai salah satu orang yang memilihara unggas ini juga membenarkan dnegan apa yang terajdi di negaranya. Ia pun menambahkan bahwa menyewa adalah cara berisiko rendah untuk memiliki ayam.

Baca Juga :  Heboh #SundaTanpaPDIP, Hingga Permintaan Maaf Arteria Dahlan

Kenikmatan yang Diperoleh dari Memelihara Ayam

Lebih dari sekedar menghasilkan telur, para pecinta ayam merasakan manfaat lainnya. Ayam adalah komposer alami dan pengendali hama. Mereka mampu makan sekitar 80 kutu atau serangga per jam.

Selain itu, kata John, ada kenikmatan tersendiri saat menyaksikan kepribadan ayam peliharaan mereka berkembang. Seperti yang dikatakan oleh Whitney Gratton.

“Kami menyebutnya Chicken TV,” ujar Whitney dikutip dari National Geographic Indonesia.

Ia menceritakan tentang dua ayamnya yang bersolek, mandi debu, dan menggali di halaman belakang rumahnya. Sama halnya dengan banyak orang lainnya, pandemi telah membuat Gratton dan suaminya bekerja dari rumah dan tidak bepergian.

Untuk mengalihkan pikiran dari pandemi, ia pun memutuskan untuk memelihara ayam dan mengadopsi dua ayam mereka, bernama Lavender dan Rhubard dari RentCoop.

“Saya terkejut betapa saya sangat menikmatinya,” kata Gratton.

Begitu pula dengan, Natacha Springer dari Westport, Connecticut, yang berpikir menyewa ayam akan menjadi selingan yang baik bagi kedua anaknya. Mereka pun harus bersekolah secara daring di rumah.

“Tidak perlu menunggu lama bagi mereka untuk jatuh cinta pada ayam-ayam itu,” kata Springer.

Putra Springer pun belajar mengenai beragam kepribadian ayam-ayam peliharaannya. Ia dapat mengenali jika ayamnya merasa cemas, sedang merenung, atau dalam keadaan baik.

Seorang AAHli saraf hewan di Utah Lori Marino mengatakan bahwa ayam memang secara kognitif, emosional dan sosial kompleks seperti hewan peliharaan lainnya.

“Ayam adalah salah satu hewan yang paling sering diremehkan,” kata Marino. Lebih dari sekedar hanya mematuk tanah, banyak hal menarik dari ayam.

Baca Juga :  Rekomendasi Kuliner di Kota Malang Buka Dini Hari

Misalnya, ayam dapat mengenali ayam lainnya, serta melacak hierarki setiap ayam dalam urutan kekuasaan. Mereka juga dapat membedakan jumlah objek, anak ayam yang baru lahir dapat melakukan aritmatika sampai dengan nomor lima.

Tak Sembarang Orang Bisa Menyewa Ayam Sebagai Peliharaannya

Meski begitu, tak sembarang orang bisa memelihara ayam. Lori mengatakan, hanya orang yang berkomitmen dan seriuslah yang dapat mempertimbang untuk menyewa atau memiliki ayam.

Menurutnya, memelihara ayam adalah tanggung jawab sehari-hari seperti hewan lainnya, ayam juga bisa sakit dan terluka.

Bahkan, ayam juga mudah menarik predator. Jadi, memastikan keselamatannya saat berkeliaran di luar kandnag juga sangat penting.

“Anda harus melindungi mereka, atau Anda akan kehilangan mereka,” katanya.

Menariknya, ada sejumlah mekanisme yang harus dipatuhi oleh mereka yang hendak menyewa ayam sebagai peliharannya.

Sebelum mendaftar, penyewa memverifikasi bahwa kondisi tempat tinggal kondusif untuk memelihara ayam. Seperti memiliki tempat dan waktu untuk mengurus ayam.

Ayam perlu dikeluarkan dari kandangnya untuk berkeliaran setiap hari, misalnya. Perusahaan penyewaan juga akan mengajukan beberapa pertanyaan tentang hewan lain yang ada di rumah. Anjing terkadang bisa membuat ayam stres.

“Walaupun ayam tampak mudah dipelihara, ini adalah kurva pembelajaran pada awalnya,” ungkap Stephanie Rice dari Columbia yang juga memelihara ayam.

Rice menyadari bahwa tanpa halaman berpagar, dia harus membuat ayam kecil yang dapat dipindahkan secara berkala. Ini memungkinkan unggas itu mendapatkan rumput segar untuk untuk dijelajahi.

Rice pun sadar bahwa ayam dapat menularkan penyakit seperti salmonella, sehingga sering mencuci tangan di sekitar ayam sangat penting.

Walau demikian, bagi Rice, memelihara ayam membuatnya “ketagihan” dan ingin terus menambah jumlah peliharaannya. (Adinda)

Kanal Terkait