Dinkes Dan BPOM Kota Kediri Sidak Puluhan Pedagang Takjil - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Dinkes Dan BPOM Kota Kediri Sidak Puluhan Pedagang Takjil
BERITA HIGHLIGHT

Dinkes Dan BPOM Kota Kediri Sidak Puluhan Pedagang Takjil

SATUKANAL.com, KEDIRI – Dinas Kesehatan Kota Kediri dan BPOM RI mengambil sampel makanan puluhan pedagang takjil musiman yang ada di Jalan Hayam Wuruk dan Jalan Jaksa Agung Suprapto. Sampel diambil untuk diperiksa apakah mengandung bahan berbahaya atau tidak.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri, dr. Fauzan Adhima mengatakan, dari hasil uji lab di lokasi tidak ditemukan makanan yang mengandung bahan berbahaya.

“Kita periksa sejumlah makanan tadi seperti bakso, es yang berwarna, dan juga roti, diambil sampel dan di uji lab hasilnya negatif dari formalin, borak dan rodamin,” ujarnya kepada satukanal, Kamis, 15 April 2021.

Baca Juga :  Kemenag Hanya Perbolehkan Tarawih Berjamaah di Daerah Zona Aman. Simak Aturannya!

Menurut dia, sidak sengaja dilakukan kepada pedagang takjil mengingat terkadang ada pedagang nakal yang menambahkan bahan berbahaya dalam makanan yang dijual.

“Atau terkadang mereka tidak tahu bahan yang dipakai ternyata dibuat dari bahan berbahaya makanya dilakukan pemeriksaan sekaligus edukasi agar para pedagang tahu ini,” jelasnya.

Dari hasil negatif ini menurut Fauzan menunjukan adanya kesadaran kesehatan dari para pedagang untuk tidak memakai bahan berbahaya.

Lebih lanjut dia mengatakan, akan mempertimbangkan untuk melakukan uji sample ulang di tempat yang sama. Namun kapan akan digelar masih akan dibicarakan oleh BPOM dan Pemerintah setempat.

Baca Juga :  Tak Sempat Buka Puasa dalam Berkendara FRB Sebar 1000 Takjil Ramadhan ke Pengguna Jalan

“Sebisa mungkin akan kita lakukan lagi, tapi tetap dalam kegiatan kali ini yakni sidak, kalau kapannya tidak akan kami beritahukan,” pungkasnya.

Sementara itu, Rosa salah satu pembeli mengatakan, dengan hasil negatif hari ini pihaknya merasa tenang, sebab dirinya tidak perlu was-was berbelanja takjil di Jalan Hayam Wuruk.

“Kalau begini kita jadi tidak was-was mau beli, karena hasilnya baik semua tidak ada yang perlu diwaspadai,” tuturnya.

 

 

Pewarta: M. Ubaidhillah
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait