Dinilai Tak Efektif dalam Pelayanan, MPP Banyuwangi Dikritik Ketua Srikandi Pemuda Pancasila - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Dinilai Tak Efektif dalam Pelayanan, MPP Banyuwangi Dikritik Ketua Srikandi Pemuda Pancasila
Mal Pelayanan Publik Kabupaten Banyuwangi (Foto:Abdul Konik/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Straight

Dinilai Tak Efektif dalam Pelayanan, MPP Banyuwangi Dikritik Ketua Srikandi Pemuda Pancasila

Satukanal.com, Banyuwangi – Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kabupaten Banyuwangi dikritik oleh Ketua Srikandi Pemuda Pancasila, Enny Setiyowati lantaran dinilai tak mempermudah masyarakat dalam mengurus dokumen pribadi.

Kritikan itu dilontarkan Enny saat berada di MPP hari ini Senin (14/6/2021). Efisiensi waktu menjadi isu pertama yang digaungkan. Menurutnya, berdasarkan apa yang ia lihat pelayanan administrasi tutup pada jam pelayanan.

“Jam 11.30 WIB sudah ditutup, setahu saya jam 12 istirahatnya, dan dibuka kembali pukul 13.00 WIB lalu pukul 13.30 WIB sudah di tutup pelayanannya,” jelasnya.

Dia juga mengatakan, jika pelayanan tutup pada waktu yang tidak seharusnya. Ditakutkan banyak warga pinggiran yang datang cukup jauh namun tidak mendapatkan kesempatan mengurus surat di hari itu juga.

“Kasihan yang jauh, seperti misalnya yang dari Kecamatan Pesanggaran, dari sini malah disuruh pulang dan kembali besok lagi, karena sudah tutup,” katanya.

Baca Juga :  Harga Bikin Meringis, Nasib Pedagang Makin Miris

Selain efisiensi waktu, program Bupati Ngantor di desa (Bungadesa) juga menjadi sorotannya, karena dianggap tidak begitu efektif, sebab sampai hari ini banyak orang dari desa yang masih datang ke MPP.

“Program Bungadesa tidak maksimal karena banyak warga dari desa masih mendatangi MPP, mengurus apapun katanya bisa lewat Smartkampung. Pelayanan cepat itu hanya ada saat Bupati di suatu desa setelah pulang, ya kembali lagi seperti semula, masyarakat sulit lagi mendapatkan pelayanan yang ekstra,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Enny berharap Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dan DPRD Banyuwangi dalam kasus ini segera melakukan sidak untuk pelayanan publik di MPP. Hal tersebut dilakukan agar tidak ada masyarakat yang kesusahan mengurus dokumen apapun.

Sementara itu, Agus Suprayitno Kasi Kelahiran dan Kematian Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) tidak membenarkan apa yang menjadi kritikan Ketua Srikandi Pemuda Pancasila tersebut. Menurutnya selama ini pihaknya selalu tepat waktu dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat.

Baca Juga :  Peduli IKM dan UKM Terdampak Covid-19, Wabup Serahkan Bantuan Sembako

“Selama ini kita selalu tepat waktu, karena di masa pandemi kita pakai sistem gantian, dan mempersingkat waktu, ketika didalam kursi sudah kosong, nomor urut selanjutnya masuk dengan menjaga protokol kesehatan sehingga karena masyarakat banyak yang mengurus administrasi kependudukan tidak berjubel, semua minta didahulukan,” jelasnya.

Terkait adanya warga yang beberapakali harus kembali ke Dispendukcapil untuk kepengurusan dokumen dinilainya lantaran kelengkapan administrasi yang memang masih kurang. “Datanya mungkin kurang, jadi harus bolak-balik untuk melengkapi, kalau semua lengkap sebenarnya 15 menit sudah selesai,” pungkasnya.

 

 

 

Pewarta : Abdul Konik
Editor : Ubaidhillah

Kanal Terkait