Dinas Perikanan Upayakan Pembinaan Pembudidaya Ikan di Wilayah Kabupaten Kediri | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Dinas Perikanan Upayakan Pembinaan Pembudidaya Ikan di Wilayah Kabupaten Kediri
ADVERTORIAL BERITA HIGHLIGHT KABUPATEN KEDIRI STRAIGHT NEWS

Dinas Perikanan Upayakan Pembinaan Pembudidaya Ikan di Wilayah Kabupaten Kediri

SATUKANAL.com, KEDIRIDinas Perikanan Kabupaten Kediri, melakukan pelatihan pengendalian hama dan penyakit ikan di Balai Unit Pelaksana Teknis Perikanan Budidaya Air Tawar (UPT-PBAT) Pare, Kabupaten Kediri, Selasa (24/11/2020).

Pelatihan dihadiri sebanyak 40 peserta perwakilan pembudidaya ikan Kabupaten Kediri. Hal tersebut dilakukan dalam rangka kegiatan pembinaan ikan dan lingkungan Dinas Perikanan di Wilayah Kabupaten Kediri.

“Penyampaian materi, terkait seputar penyakit ikan. Yang sebagian besar mengalami, cuma pembudidaya bingung. Perlakuan seperti apa yang perlu diterapkan. Serta berapa penggunan dosis obatnya,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Perikanan Budidaya Air Tawar (UPT-PBAT) Dinas Perikanan Kabupaten Kediri, Yusuf Rendra Wijaya, Selasa (24/11/2020).

Baca Juga :  Kesan Terakhir 4 Korban Asal Kediri, di Hilangnya Pesawat Sriwijaya Air

Dirinya juga menjelaskan, mulai terkait pengertian hingga cara penanggulangan hama dan penyakit ikan. Sebab penyakit ikan tersebut yang sering menyerang para pembudidaya, terutama pembudidaya benih ikan.

Dikatakan pemberian jenis dan takaran obat juga sangat butuh ketepatan. Karena ketepatan obat sangat berpengaruh bagi kelangsungan hidup ikan.

“Seperti bintik putih, atau mungkin mulut merah disebut aeromonas. Penjelasan disertai gambar contoh ikan yang terserang penyakit. Mulai cara pencegahan, obat yang digunakan apa, berapa, tadi sudah saya sampaikan,” jelasnya.

Baca Juga :  Penyidikan Kredit Macet BPR Kota Kediri, Kerugian Mencapai 2,4 Milyar

Para peserta mengikuti pelatihan dengan sangat antusias dengan memberi berbagai pertanyaan. Sesi pertanyaan yang disiapkan masih dirasa kurang oleh Rendra.

“Terbatas dengan waktu. Maka untuk materi yang disampaikan hari ini akan dibagikan kepada para peserta. Agar lebih jelas dapat dipelajari. Suatu saat menjadi pegangan saat ikan ada kendala,” tutupnya. (adv)

Pewarta: Anis Firmansah
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait