Dinas Perikanan Tebar 65.500 ekor Ikan di Sumber Rau - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Dinas Perikanan Tebar 65.500 ekor Ikan di Sumber Rau
BERITA

Dinas Perikanan Tebar 65.500 ekor Ikan di Sumber Rau

SATUKANAL.com, KEDIRI – Dinas Perikanan Kabupaten Kediri, melakukan penebaran benih ikan sebanyak 65.500 ekor di Sumber Rau, Desa Wates, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, Senin (26/10/2020).

Penebaran benih ikan tersebut melibatkan Pemerintah Desa Wates dan berbagai komunitas lingkungan. Seperti Karangtaruna, pegiat lingkungan Eks Pramuka Putra-Putri Indonesia (EPPI), Komunitas Rante Rau, Wild Water Indonesia, Front Pembela Hutan, dan Forum Jurnalis Hijau (FJH).

Rincian ikan yang ditebar ialah jenis ikan tawes dan tombro, masing-masing sebanyak 35.500 ekor dan 30.000 ekor. “Penebaran benih dilakukan dua kali, hari ini dan besok, tepatnya di Sumber Gundi. Dengan besaran jumlah yang sama sebanyak 65.500 ekor ikan” kata Kabid Perikanan Budidaya, Santoso kepada Satukanal.com dilokasi penebaran benih.

Baca Juga :  Temuan Kepala Kala di Sungai Kalasan Kediri Sudah Terdaftar Sejak 1996

Ia juga menjelaskan alasan untuk memilih kedua jenis ikan tersebut. Selain penjualannya cepat laku, budidaya ikan tersebut juga cepat besar. Sehingga diharapkan, selain dapat meningkatkan gizi, juga mampu meningkatkan perekonomian para penduduk.

Ia juga mengungkapkan, kegiatan ini ialah salah satu program ekonomi pandemi Covid-19. Yang dimana sebelumnya juga sudah dilakukan di beberapa tempat, seperti Sumber Paron, dan Sumber Pule.

Kepala Desa Wates, Hadi Sutrisno menyambut baik atas kegiatan tersebut. Ia mengatakan, nantinya benih-benih ikan tersebut akan dikelola oleh Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Desa Wates.

Baca Juga :  Bursa Transfer, Persik Kediri Incar 3 Pemain Tengah dan Belakang

Selanjutnya, KUBE dapat mengelola dan diharapkan dapat meningkatkan konsumsi ikan sehingga manambah gizi serta dapat menambah pendapatan.

“Ini bagus untuk pelestarian sungai Rau, dan nantinya, hasil benih ikan dari Dinas Perikanan tersebut dapat dinikmati oleh masyarakat Desa Wates,” tutupnya.

Pewarta : Anis Firmansyah
Editor : Redaksi Satukanal

    Kanal Terkait