SATUKANAL.COM
Dinas Perikanan Kabupaten Kediri Gelar Kontes Betta Nasional Dengan Protokol Kesehatan
Kontes Ikan Cupang di Kediri (Foto: Anis Firmansyah)
ADVERTORIAL BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Dinas Perikanan Kabupaten Kediri Gelar Kontes Betta Nasional Dengan Protokol Kesehatan

SATUKANAL, KEDIRI – Kediri Betta Club (KBC) bekerjasama dengan Dinas Perikanan mengadakan Kontes Ikan Betta skala Nasional yang ke Tujuh pada tahun 2020, di Convention Hall SLG Gumul Kabupaten Kediri (26/19/2020).

Yusuf Saputra, Ketua Panitia Penyelenggara acara Kontes Ikan Betta mengatakan, acara tersebut akan berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 26 hingga 27 September 2020.

“Acara kontes ini merupakan puncak dari pembudidaya, para hobi, dan semua komponen dari lingkup ikan cupang menunjukkan eksistensi mereka. Hal ini juga sekaligus untuk memajukan dan mengembangkan ikan cupang di Kabupaten Kediri,” jelasnya.

Ada perbedaan dalam perlombaan tahun ini dengan tahun sebelumnya, jika sebelumnya Masing-masing peserta dapat melihat ikannya secara langsung dalam perlombaan, tahun ini peserta hanya diperbolehkan menitipkan ikan kepada perwakilan di setiap kota atau kabupaten.

Baca Juga :  Kepala Desa Semen Ungkapkan Kebahagiaan Atas Kunjungan Gubernur Jatim di Pasar Semen.

“Kami mewajibkan untuk para pendaftar menitipkan ikan kepada para handling atau perwakilannya. Jadi sistem handling itu, masing-masing kota ada perwakilan. Kalau Kota besar seperti Jakarta itu ada 3 orang, Surabaya 2 orang, dan kota yang lain Masing-masing 1 orang,” jelasnya.

Ia mengungkapkan dalam acara ini memakai standard minimal untuk penilaian kelas Standard Internasional adalah 58 kelas. Terdiri dari 38 kelas Reguler, dan 20 kelas opsional. Juga sekaligus di ikuti peserta dari berbagai daerah.

“Para peserta yang sudah hadir mereka dari Jakarta, Tangerang, Bogor, Lampung, Batam, dan seluruh kota di Jawa Timur,” lanjut Yusuf.

Baca Juga :  DLH Kabupaten Kediri Siapkan Sanitary Land Fill Untuk Perluasan TPA Sekoto

Ia juga menjelaskan, pergelaran kontes nasional ini menggunakan sejumlah syarat, termasuk mematuhi protokol kesehatan. Ditengah panitia juga di ikut sertakan BPBD dan Satpol-PP dalam pengawasan.

Terpisah, Nur Hafidz, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri mengatakan, dengan adanya acara kontes ini diharapkan para pembudidaya ikan cupang akan lebih berkembang, khususnya di Kabupaten Kediri.

“Untuk itu, pada kali ini kita melaksanakan kontes ikan cupang dan sebelumnya juga ada seminar ikan hias, sehingga mengetahui bagaimana memelihara ikan yang baik sesuai dengan standart kontes,” pungkasnya.

 

Pewarta : Anis Firmasnyah
Editor : Redaksi Satukanal

    Kanal Terkait