SATUKANAL.COM
Dinas Perikanan Bagikan Paket Ikan Segar Kepada Warga
Foto : Kegiatan Gemarikan di Desa Sekaran, Kecamatan Kayen Kidul
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Dinas Perikanan Bagikan Paket Ikan Segar Kepada Warga

SATUKANAL, KEDIRI – Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Perikanan membagikan 226 paket stimulus berisi 2 Kilogram ikan segar dan 1 paket hasil olahan ikan kepada warga Desa Sekaran, Kecamatan Kayen Kidul. Rabu (26/8/2020).

Budiono Langgeng, Divisi Pemasaran dan Pengolahan Ikan Dinas Perikanan Kabupaten Kediri mengatakan, pembagian paket ikan tersebut merupakan rangkaian kegiatan Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemarikan) yang diadakan Dinas Perikanan.

“Tujuannya untuk membantu meningkatkan Imunitas Tubuh pada masa pandemic Covid-19 dengan cara memakan ikan,” jelas Laki-laki yang akrab disapa Langgeng seusai acara berlangsung.

Selain meningkatkan imunitas, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mengurangi resiko Stunting pada anak.

“Sasaran paket ini juga ditujukan untuk Ibu-ibu mengandung sampai setelah lahiran, makanya kita disini mengajak Kader-kader Posyandu.” Katanya.

Baca Juga :  PPP Akhirnya Rekom Anak Pramono

Ia pun juga menjelaskan, ikan dipilih untuk kegiatan ini karena ikan mempunyai kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh dan sebagai pencegah stunting.

“Kelebihan lainnya harga ikan lebih murah dan mudah didapat sehingga masyarakat juga tak perlu khawatir tentang konsumsi ikan,” katanya.

“Kalau yang dikhawatirkan dimasyarakat kan ikan banyak durinya, sekarang di dinas dinas mengadakan pelatihan ke ibu ibu pengolahan ikan seperti nugget atau fille tanpa duri jadi dinas bukan hanya menyuruh untuk makan ikan tapi juga memberi solusi agar ikan mudah dikonsumsi balita dan anak-anak.” Lanjutnya.

Baca Juga :  Isu Kotak Kosong Mencuat, Sekelompok Masyarakat di Kediri Buat Gerakan Kampanye Pilih Bumbung Kosong

Selain memberikan paket ikan gratis kepada warga, Dinas Perikanan juga mensosialisasikan rendahnya konsumsi makan ikan dikabupaten Kediri yang masih dibawah aangka konsumsi provinsi dan nasional.

“Konsumsi kita kan masih sekitar 20 sampai 21 untuk konsumsi provinsi itu 30, untuk nasional 30 kilogram kapita per tahun.” Katanya.

Selain peningkatan makan ikan, Langgeng juga berharap adanya kerjasama dengan warga dalam pemulihan ekonomi dimasa pandemi dengan cara budidaya ikan.

“Jadi nanti pembudidaya kita seperti kelompok pembenihan sekar abadi hasilnya dapat dirasakan oleh petani pembesar lele dan produk olah rumahan.” Pungkasnya.

 

Pewarta: Anis Firmansyah
Editor: Redaksi Satukanal

    Kanal Terkait