SATUKANAL.COM
btb
BERITA

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Minta Panitia Pilkades Netral

inas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang meminta kepada seluruh panitia pemilihan kepala desa (pilkades) di 269 desa untuk bersikap netral dalam menjalankan tugasnya.

Permintaan tersebut disampaikan langsung oleh Kepala DPMD Kabupaten Malang Suwadji terkait semakin dekatnya hari pencoblosan pilkades, yaitu tanggal 30 Juni 2019. “Panitia pilkades harus netral dan mengerjakan tugasnya sesuai tupoksi. Netralitas panitia menjadi hal terpenting kesuksesan pilkades nantinya. Salah satu potensi kerawanan adalah ketidaknetralan panitia. Karena itu. kami terus sampaikan agar seluruh panitia memegang sikap netralitas ini,” kata mantan camat Pakisaji ini, Jumat (28/06/2019).

Netralitas panitia diikuti dengan pemahaman teknis penyelenggaraan pilkades serentak gelombang III menjadi hal terpenting bagi kesuksesan perlehatan demokrasi akar rumput ini. Melalui sikap netral dan dikuatkan pemahaman, maka segala potensi gesekan maupun hal yang tidak dikehendaki dalam pilkades bisa diminimalisasi atau tertutup.

“Ini menjadi sangat penting. Sehingga dengan itu, akan menutup potensi yang tidak dikehendaki. Kami juga bersama seluruh calon kades telah berikrar untuk siap menang dan siap kalah,” ujar Suwadji.

Seperti diketahui, berdasarkan data dari DPMD Kabupaten Malang, pilkades gelombang III diikuti 269 desa dari 33 kecamatan sewilayah kabupaten Malang. Rinciannya, di Kecamatan Donomulyo ada 9 desa, Pagak 6 desa, Bantur 7 desa, Sumawe (Sumbermanjing Wetan) 7 desa, Dampit 7 desa, Ampelgading 11 desa, Poncokusumo 11 desa, Wajak 8 desa, Turen 12 desa, Gondanglegi 11 desa, Kalipare 7 desa.

Lalu Sumberpucung 6 desa, Kepanjen 11 desa, Bululawang 8 desa, Tajinan 11 desa, Tumpang 12 desa, Jabung 10 desa, Pakis 10 desa, Pakisaji 8 desa, Ngajum 7 desa, Wagir 9 desa, Dau 6 desa, Karangploso 5 desa, Singosari 11 desa, Lawang 9 desa, Pujon 7 desa, Ngantang 6 desa, Kasembon 4 desa, Gedangan 6 desa, Tirtoyudo 8 desa, Kromengan 3 desa, Wonosari 7 desa dan Pagelaran 9 desa.

Sedangkan untuk pemilih pilkades yang akan mencoblos cakades sejumlah 858 orang, tercatat sebanyak 1,3 juta lebih orang. Dengan jumlah besar itulah, DPMD Kabupaten Malang yang sejak Maret lalu mempersiapkan berbagai persiapan. Baik sosialisasi, pembentukan panitia pilkades tingkat kabupaten sampai desa serta tahapan lainnya. DPMD juga tetap mengintensifkan koordinasi dengan pihak keamanan dan masyarakat dalam berbagai kegiatan.

“Berbagai tahapan pilkades sudah dilalui dengan aman dan terkendali. Tapi kami tetap intensifkan koordinasi dengan pihak keamanan. Karena sekecil apa pun potensi, patut untuk diantisipasi dengan jumlah desa yang akan menggelar Pilkades ini,” ujar Suwadji.

Berbagai langkah yang telah dilakukan itu diharapkan bisa disambut dengan baik dan benar di tingkat desa. Yakni sikap netral seluruh panitia pelaksana pilkades.

“Kini, tinggal di panitia kesuksesan dan tidaknya pilkades. Tentunya kita semua berharap yang terbaik untuk pilkades Kabupaten Malang. Satu cara untuk itu dengan sikap netral panitia,” pungkas mantan kabag humas dan protokol Kabupaten Malang ini.

Kanal Terkait