Dinas Koperasi Kabupaten Blitar Gelar Sosialisasi Peraturan Cukai Untuk Pelaku UMKM - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Dinas Koperasi Kabupaten Blitar Gelar Sosialisasi Peraturan Cukai Untuk Pelaku UMKM
Sosialisasi Cukai Oleh Dinas Koperasi Kabupaten Blitar (Foto: Gilang Bahtiar/ Satukanal.com)
ADV

Dinas Koperasi Kabupaten Blitar Gelar Sosialisasi Peraturan Cukai Untuk Pelaku UMKM

Satukanal.com, Blitar – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Dinkop-UM) Kabupaten Blitar menggelar sosialisasi peraturan cukai di salah satu rumah makan, Selasa (9/11/2021). Acara tersebut dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dan diikuti oleh pemerintah desa di Kecamatan Kanigoro.

Menurut Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Blitar, Khusna Lindarti mengatakan bahwa jumlah peserta saat ini ada 210 orang. Mengingat, masih berlangsung pandemi Covid-19, ia menjelaskan acara itu dibagi menjadi beberapa gelombang selama enam hari dan setiap gelombang diikuti 35 orang.

Baca Juga :  Percepat Pembangunan, Bupati Blitar Lantik Tim Percepatan Pembangunan dan Inovasi Daerah

“Sementara untuk hari ini yang terdaftar dalam sosialisasi ini ada sekitar dua ratus orang. Selain itu karna ini pandemi kita bagi beberapa gelombang dan tetap terapkan prokes yang ketat,” ujarnya.

Khusna menambahkan, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro pada kegiatan ini menghadirkan beberapa narasumber seperti Asisten I Setda Pemkab Blitar yang memberikan materi kebijakan pelaksanaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT).

Kemudian, ada perwakilan dari kantor Bea Cukai Blitar yang memberikan materi tentang regulasi bea dan cukai, serta ada pula dari Asisten II, Bappeda dan Kabag Perekonomian yang menyampaikan mekanisme dan penggunaan DBHCHT.

Baca Juga :  Antisipasi Kecelakaan pada Musim Hujan, Polisi di Blitar Tandai Jalan Berlubang

“Acara ini melibatkan pemangku-pemangku kepentingan, ada kepala desa, ketua koperasi, ada beberapa perwakilan UMKM,” tambahnya.

Adapun, substansi materi yang disampaikan terdiri atas peredaran rokok-rokok ilegal, bagaimana  penyikapan di masyarakat seperti apa, kemudian regulasi bea dan cukai itu bagaimana serta mekanisme dan penggunaan DBHCHT. (Adv)

 

Pewarta : Gilang Bahtiar
Editor : Adinda

Kanal Terkait