Dimulai Hari Ini, Pahami Ketentuan Tes SKB CPNS 2021 Berikut Ini! - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Dimulai Hari Ini, Pahami Ketentuan Tes SKB CPNS 2021 Berikut Ini!
Pengetesan Suhu tubuh untuk memenuhi protokol kesehatan saat sebelum tes CPNS di Kediri
BERITA Kanal Straight

Dimulai Hari Ini, Pahami Ketentuan Tes SKB CPNS 2021 Berikut Ini!

Satukanal.com, Nasional – Mulai Senin (15/11/2021), para peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang lolos seleksi kompetensi dasar (SKD) akan melanjutkan ke tahap seleksi kompetensi bidang (SKB). Peserta ujian SKD CPNS dapat memantau hasil seleksi tersebut melalui SSCASN atau website resmi instansi yang dilamar.

Untuk mengakses hasil seleksi di SSCASN, peserta dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  • Buka https://sscasn.bkn.go.id.
  • Pada menu bar, pilih “Layanan Informasi” Klik “Hasil SKD CPNS”.
  • Halaman informasi hasil SKD CPNS otomatis akan ditampilkan oleh sistem.

Melansir Surat BKN Nomor 1433/B-KS.04.01/SD/E/2021 tanggal 4 November 2021 tentang Penyampaian Jadwal SKB CPNS Tahun 2021, Kepala Biro Humas Hukum dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama menjelaskan bahwa, jadwal tersebut telah disebarkan ke seluruh instansi pusat dan instansi daerah sebagai pedoman dasar untuk menyiapkan rangkaian pelaksanaan SKB.

Pada surat BKN tersebut juga turut mengatur panduan teknis penyiapan titik lokasi mandiri instansi sampai dengan penerapan protokol kesehatan saat ujian berlangsung. Adapun syarat yang mesti dipatuhi oleh peserta SKB diantarannya:

  • Melakukan swab tes RT PCR kurun waktu maksimal 3×24 jam atau rapid tes Antigen kurun waktu maksimal 1×24 jam dengan hasil negatif/non reaktif yang pelaksanaannya wajib sebelum mengikuti SKB,
  • Menggunakan masker 3 lapis dan ditambah masker kain di bagian luar (double masker),
  • Jaga jarak (physical distancing) minimal satu meter,
  • Cuci tangan dengan sabun/hand sanitizer,
  • Ruang kegiatan maksimal diisi 30 persen dari kapasitas normal ruangan tempat pelaksanaan SKB Tahun 2021 yang akan dilakukan,
  • Peserta SKB wajib mengisi formulir Deklarasi Sehat yang terdapat di website sscasn.bkn.go.id dalam kurun 14 hari sebelum mengikuti ujian seleksi dan paling lambat pada H-1 sebelum ujian.
Baca Juga :  Grup K-POP BTS Berkolaborasi dengan Among Us!

Menurut Surat Kepala BKN Nomor 13515/B-KS.04.01/SD/K/2021, berikut jadwal pelaksanaan TES SKB CPNS 2021:

  • Tahap I = 15 – 28 November 2021
  • Tahap II = 27 November – 18 Desember 2021

Setelah pelaksanaan SKB usai, akan dilakukan pengolahan hasil SKD dan SKB pada 29 November – 20 Desember, rekonsiliasi integrasi hasil SKD dan SKB akan dilaksanakan pada 2 – 24 Desember.

Selanjutnya, dilakukan validasi hasil integrasi SKD dan SKB yang dimulai 5 – 28 Desember, penyampaian hasil SKD dan SKB 7 – 30 Desember, pengumuman hasil kedua tes akan disampaikan pada 9 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022.

Baca Juga :  Jelang Tes SKB CPNS 2021, BKN: Persiapkan syarat yang sama

Pada 13 Desember – 8 Januari 2022 peserta dapat mengajukan masa sanggah. Dari proses masa sanggah, instansi pusat maupun daerah akan memberikan jawaban sanggahan yang dimulai 17 Desember hingga 17 Januari 2022.

Peserta diarahkan untuk melengkapi dokumen persyaratan ketika telah melamar menjadi CPNS. Terakhir, pihak instansi akan menetapkan nomor induk pegawai CPNS maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang berlangsung mulai 1 Januari – 28 Februari tahun depan.

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait