Diklaim Atasi Covid-19, Molnupiravir Banyak Dilirik Berbagai Negara - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Diklaim Atasi Covid-19, Molnupiravir Banyak Dilirik Berbagai Negara
Ilustrasi obat untuk Covid-19 (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Straight

Diklaim Atasi Covid-19, Molnupiravir Banyak Dilirik Berbagai Negara

Satukanal.com, Nasional – Molnupiravir atau pil antivirus yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi Merck & Co diklaim mampu mengurangi separuh risiko kematian atau rawat inap akibat virus Covid-19.

Klaim tersebut didasarkan pada data uji klinis tahap ketiga yang melibatkan 775 pasien dengan gejala Covid-19 ringan dan sedang selama lima hari atau kurang.

Dilansir dari antaranews.com, pada proses uji klinis tersebut masing-masing partisipan memiliki setidaknya satu faktor risiko mengalami sakit parah, seperti obesitas atau lansia, selama lima hari diminta untuk meminum Molnupiravir dua kali sehari. Hasil uji klinis menemukan bahwa 7,3 persen dari kelompok yang menerima Molnupiravir kemudian dirawat di rumah sakit, dan tak satu pun meninggal setelah 29 hari setelah pemberian obat.

Baca Juga :  Parfum Bisa Kadaluwarsa, Ketahui Tanda-tandanya

Sementara para ahli menyebut hasil uji klinis itu sebagai terobosan dalam menangani infeksi virus Covid-19. Epidemiolog dari Griffith University, Australia, Dicky Budiman mengatakan, klaim keampuhan pil Molnupiravir tersebut didasarkan pada data uji klinis yang valid. Namun, Dicky mengatakan bahwa kesimpulan akhir terhadap efektivitas obat Monupiravir dalam mengobati Covid-19 harus menunggu hingga uji klinis selesai dilakukan.

Diketahui, Obat yang dikembangkan Merck and Ridgeback Biotherapeutics ini bekerja dengan memodifikasi material genetik atau RNA virus Corona. Modifikasi tersebut menciptakan error sehingga mengeblok virus untuk menggandakan diri. Terkait efek samping serius yang ditimbulkan setelah meminum obat tersebut diantarannya:

  1. Efek samping yang umumnya berupa keluhan ringan seperti sakit kepala,
  2. Sulit dibedakan dengan keluhan yang muncul karena Covid-19.
Baca Juga :  Tips Kelola Keuangan dengan Baik, Cocok Buat Milenial

Selain khasiat obat yang menjanjikan, harga dari Molnupiravir ini cukup mahal hingga berjuta-juta. Meski begitu, ini tidak menghalangi negara-negara membelinya untuk merawat pasien Covid-19.

Korea Selatan juga diketahui mengamankan Molnupiravir, obat oral Covid-19 untuk 18 ribu orang, harga perawatannya diperkirakan mencapai 900.000 won per orang atau sekitar 10 juta rupiah.

Tak hanya Indonesia, obat Molnupiravir ini mulai dilirik dan diminati beberapa negara di Asia. Negara-negara tersebut yaitu Malaysia, Thailand, dan Taiwan. Bahkan yang terbaru, Thailand diketahui telah memesan sebanyak 200.000 kapsul.

 

 

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait