RANS Cilegon FC Rekrut Mesut Ozil, Berapa Bayarannya?
SATUKANAL.COM
RANS
Akun Instagram RANS posting foto Mesut Ozil (Foto: @rans.entertainmen)
BERITA Kanal Viral

Dikabarkan Gabung RANS Cilegon FC, Berapa Bayaran Mesut Ozil?

Satukanal.com, Nasional– Baru-baru ini RANS Cilegon FC menjadi sorotan publik. Pasalnya, klub yang dipastikan bermain di BRI Liga 1 musim depan itu dikabarkan bakal mendatangkan pemain kelas dunia, Mesut Ozil dari Fenerbahce.

Kabar mengejurkan tersebut datang dari pemilik RANS Cilegon FC yang dikenal sebagai salah satu selebritis Tanah Air, Raffi Ahmad. Ia mengaku sudah berkomunikasi dengan mantan pemain Arsenal tersebut.

“Mesut Ozil tertarik untuk bergabung di Liga 1 musim depan. Saya telah berkomunikasi dengannya melalui Whatsapp, saya bisa katakan kami telah menjalin kesepakatan,” kata Raffi di kanal Youtube RANS Entertainment.

Kabar ini pun mengundang perhatian publik. Bahkan, tagar #RANS dan #RANSCilegonFC, trending di Twitter hari ini, Senin (10/01/2022). Tak hanya itu, sang pemilik RANS Cilegon FC Raffi Ahmad juga sempat trending di Twitter.

Apalagi jika dikaitkan dengan bayaran pemain kelas internasional. Pemain-pemain seperti Ozil menerima bayaran yang sudah berada di luar nalar masyarakat Indonesia.

Tentunya, melihat pemain kelas internasional berkecimpung di dunia sepak bola Indonesia memang sulit buat dipercaya. Lantas, jika menerka-nerka berapakah kisaran bayaran Mesut Ozil?

Melihat Bayaran Essien Saat di Persib Bandung

Sebelum melangkah lebih jauh menerka bayaran Mesut Ozil di RANS Cilegon FC, mari kita lihat terlebih dahulu pemain kelas internasional sebelumnya yang juga sempat bergabung dengan salah satu tim sepak bola Indonesia, Persib Bandung.

Persib Bandung pernah menggemparkan pecinta sepak bola tanah air dengan mendatangkan eks Chelsea, Michael Essien. Momen mengejutkan itu terjadi pada tahun 2017 lalu.

Baca Juga :  Rekomendasi Handphone Untuk Tahun 2022, Berkualitas dan Harga Terjangkau

Sayangnya, Essien cuma bertahan selama satu tahun saja. Pada tahun 2018, Persib Bandung mengonfirmasi bahwa Essien dilepas lantaran kuota pemain asingnya sudah penuh.

Sebelum membela Persib, Essien memang pernah bermain bagi sejumlah klub di Eropa di antaranya Olimpique Lyon, Chelsea, Real Madrid, dan AC Milan.

Di Persib, pemain asal Ghana itu tampil 29 kali dan mencetak lima gol. Hanya semusim di Persib, Essien kemudian meninggalkan Indonesia dan hijrah ke Liga Azerbaijan.

Angka pasti gaji Essien di Persib memang simpang siur dan tak pernah dibuka secara gamblang.

Meski demikian, Kompas.com pada Maret 2017 melaporkan bahwa berdasarkan data  di Transfermarkt, nilai  pasar Essien saat itu adalah sebesar 800 ribu euro atau sekitar Rp11 miliar.

Nilai pasar sendiri hanya perkiraan yang berdasarkan nilai jual dan bukan kontrak pemain. Ada perkiraan bahwa gaji Essien di Persib berkisar antara Rp8,5-10 miliar, ada pula yang menyebut angka Rp9 miliar.

Nilai Pasar Gaji Mesut Ozil

Jika menengok dari terdahulunya seperti ulasan di atas, bisa diperkirakan besaran gaji Ozil mungkin tidak akan jauh berbeda. Lantas, berapa besar biaya yang harus dikeluarkan RANS Cilegon FC untuk mendatangkan Ozil?

Meski begitu, informasi yang beredar saat ini masih sangat terbatas, sehingga publik hanya bisa mengira-mengira dari data yang ada.

Baca Juga :  Waspada! 5 Makanan Ini Bisa Sebabkan Keracunan

Seperti yang sudah beredar, menurut laman Transfermarkt, harga pasar Mesut Ozil kini berada di angka 3,7 juta euro atau sekira Rp60,1 miliar. Angka di atas merupakan perkiraan berapa dana yang harus dikeluarkan Raffi Ahmad untuk mendaratkan Mesut Ozil. Kedua adalah gaji.

Menurut laporan The Sun, gaji Mesut Ozil bersama Fenerbahce yang merupakan salah satu klub papan atas di Turki, mencapai 3,5 juta pounds atau setara Rp68 miliar per tahun. Sedangkan, menurut laporan salarysport.com, Ozil menerima bayaran sebesar 86 ribu pounds (setara Rp1,6 Miliar) per pekan di Fenerbahce.

RANS Disebut Sudah  Pendekatan ke Fenerbahce

Media asal Turki, Fotospor, juga mempertegas kabar di atas. Mereka menyebut Raffi Ahmad sudah melakukan pendekatan dengan Fenerbahce.

“Meskipun cukup mencurigakan, Raffi Ahmad, Presiden RANS Cilegon FC yang datang ke Istanbul dan mengunjungi klub dari pintu ke pintu dalam beberapa bulan terakhir, mengumumkan bahwa ia telah bertemu dan setuju dengan Mesut Ozil,” tulis laman Fotospor.

Seperti yang sudah diutarakan di atas, butuh dana tak sedikit untuk mendatangkan Mesut Ozil. Berhubung Mesut Ozil masih terikat kontrak bersama Fenerbahce hingga 30 Juni 2024, RANS Cilegon FC harus mengeluarkan dana transfer.

Selain Mesut Ozil, RANS Cilegon FC dikabarkan bakal mendatangkan mantan pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla, sebagai juru taktik mereka. Namun, kabar ini masih belum dikonfirmasi oleh pihak RANS Cilegon FC. (Adinda)

Kanal Terkait