Diet Pegan, Salah Satu Pilihan Diet yang Tren di 2021 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Diet Pegan, Salah Satu Pilihan Diet yang Tren di 2021
STRAIGHT NEWS

Diet Pegan, Salah Satu Pilihan Diet yang Tren di 2021

Satukanal.com, Nasional – Diet Pegan merupakan salah satu pilihan diet yang digadang-gandang bakal tren di tahun 2021 ini. Diet ini merupakan salah satu pola makan yang dinilai sehat dan bisa dijalani sebagai gaya hidup dalam waktu lama.

Apabila kalian ingin melakukan diet pegan, siap-siap untuk menghindari makanan junk food. Pada saat melakukan diet satu ini, kalian harus menghindari makanan dengan zat aditif, pengawet dan pemanis buatan. Sehingga, makanan olahan pabrik sudah pasti tidak bisa dikonsumsi.

Diet pegan ini mendorong pelaku diet untuk hanya mengonsumsi bahan makanan organik dan segar. Menu diet juga harus menyertakan lebih banyak sayur dan buah. Diet ini juga dikenal sebagai salah satu diet paling sehat karena tidak menghilangkan unsur nutrisi penting seperti karbohidrat, protein dan lemak.

Dr Mark Hyman merupakan salah seorang yang pertama kali mengenalkan diet pegan. Menurutnya, diet pegan memberikan banyak manfaat bagi tubuh dalam jangka panjang.

Baca Juga :  Polda Jatim Tingkatkan Pengamanan Gereja Pasca Bom Bunuh Diri Makassar

Pada tulisannya ‘Why I’m a Pegan – or Paleo-Vegan – and Why You Should Be Too!’, dirinya menjelaskan bahwa diet pegan diciptakan berdasarkan data-data kesehatan ilmiah.

Kita ketahui kebanyakan pola diet yang dijalani untuk penurunan berat badan gagal karena aturannya terlalu ketat bahkan membuat orang sakit setelah menjalani program diet tersebut. Namun, tidak dengan diet pegan, karena seseorang yang melakukan diet tersebut diklaim tidak membuat kelaparan atau kekurangan nutrisi.

Diet pegan juga dapat dilakukan dalam jangka waktu yang lama, karena pilihan diet ini juga sangat aman untuk dilakukan oleh setiap orang.

Tata cara diet pegan :

  1. Mulailah melatih diri untuk mengkonsumsi sayur dan buah-buahan
  2. Saat mengkonsumsi makanan, serat harus memenuhi 75 persen dari isi piring. Seperti brokoli, paprika, tomat, dan sayur lainnya
  3. Tambahkan lemak di setiap sajian. Lemak sehat bisa berasal dari minyak zaitun, alpukat, kacang-kacangan atau biji-bijian.
  4. Tambahkan protein si setiap sajian. Misalnya dada ayam, daging sapi, ikan, tahu atau tempe. Kandungan protein penting untuk pembentukan otot dan menyeimbangkan gula darah.
Baca Juga :  Kota Malang Targetkan Smart City Terwujud di Seluruh Aspek Pada 2022

Makanan yang boleh dikonsumsi :

  1. Buah dan Sayur seperti, bayam, brokoli, apel, jeruk, dan buah persik
  2. Makanan kaya karbohidrat seperti, kentang, ubi, labu, atau buah bit dan beras merah
  3. Makanan kaya protein seperti, daging ayam, sapi, dan ikan
  4. Makanan kaya lemak sehat seperti, alpukat, minyak zaitun, anke jenis kacang atau quinos yang tidak pengandung gluten
  5. Makanan pengganti susu seperti, susu almond, susu kedelai, maupun susu dari jenis kacang-kacangan lainnya

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi :

  1. Susu sapi, yoghurt, dan keju
  2. Biji-bijian yang mengandung gluten
  3. Gula
  4. Minyak olahan seperti kanola, kedelai, bunga matahari, dan minyak jagung.
  5. Zat makanan tambahan, pewarna buatan, perasa, dan pengawet.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait