SATUKANAL.COM
Badan Pengawas Pemilu
Foto : Logo Bawaslu (Istimewa)
BERITA HIGHLIGHT ISU PILIHAN POLITIK STRAIGHT NEWS

Diduga Palsukan Tandatangan, Oknum Panwascam di Kediri Dilaporkan Badan Pengawas Pemilu

SATUKANAL, KEDIRI – Sebanyak 7 orang Pengawas Desa (PKD) mendatangi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kediri.

Kedatangan mereka membawa berkas pelaporan pelanggaran kode etik atas dugaan pemalsuan tandatangan oleh oknum Panwascam Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri. Mereka mengaku tanda tangan yang ada di form A telah dipalsukan.

Dutemui usai menyerahkan berkas pelaporan, salah satu PKD Desa Ngablak, Arif Fatqul mengatakan bahwa tanda tangan yang mengatasnamakan dirinya telah dipalsukan oleh oknum Panwascam.

Namun pihaknya belum berkenan untuk membeberkan nama yang bersangkutan.

“Jadi maksud kedatangan kami ke sini adalah melaporkan dugaan pelanggaran kode etik. Bahwa tanda tangan kami di-scan tanpa konfirmasi ke kami. Untuk itu kami kesini melaporkan dugaan itu untuk ditindak lanjuti oleh pihak Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Kediri,” ungkapnya.

Baca Juga :  DLH Kabupaten Kediri Bangun Perluasan TPA Sekoto

Hal serupa juga dialami pengawas dari desa lain. Diantaranya PKD dari Desa Jabon, Desa Manyaran, Desa Sendang, Desa Parang, Desa Jatirejo, dan Desa Banyakan.

Menurut Fatqul, pelaporan ini sudah dilakukan mereka kedua kalinya. Pertama mereka melapor hari Senin (31/8/2020). Meski demikian, laporan mereka belum ada tindak lanjut oleh pihak Bawaslu Kabupaten Kediri.

Sementara itu, Koordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Kediri Sukari yang menemui mereka justru menampik laporan tersebut. Ia menyangkal bahwa kedatangan mereka hanya konsultasi kinerja saja.

Baca Juga :  Jadwal Maju Persik Kediri Jadi Tim Pembuka Melawan PSS Sleman

“Kalau soal pemalsuan tanda tangan sampai saat ini belum masuk ke kita. Soal itu hanya sebatas konsultasi ke kami, kami juga masih perlu croscek ke kecamatan dan tidak bisa serta merta,” tandas Sukari.

 

Pewarta : Anis Firmansyah
Editor : Redaksi Satukanal

    Kanal Terkait