SATUKANAL.COM
Diduga Palsukan Gelar, Bakal Calon Bupati Kediri Ditetapkan jadi Tersangka
Foto : Supadi, Kades Tarokan (Istimewa)
BERITA HIGHLIGHT ISU PILIHAN

Diduga Palsukan Gelar, Bakal Calon Bupati Kediri Ditetapkan jadi Tersangka

SATUKANAL, KEDIRI – Supadi, Kepala Desa Tarokan, Kabupaten Kediri, yang menjadi Bakal calon Bupati Kediri 2020, ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Kediri Kota atas kasus dugaan pemalsuan gelar dalam beberapa dokumen administrasi kependudukan.

Kapolres Kediri Kota, AKBP Miko Indrayana saat dihubungi membenarkan hal tersebut.

Menurutnya Supadi telah dipanggil pihak penyidik pada Selasa (28/1/2020) untuk dimintai keterangan bagaimana tersangka mendapatkan gelarnya.

“Kemarin penyidik memanggil tersangka Supadi untuk dimintai keterangan dan yang bersangkutan belum hadir di Polresta Kediri untuk memenuhi panggilan. Apabila dalam panggilan pertama tersangka ‘mangkir’, akan dilakukan panggilan kedua,” jelasnya.

Baca Juga :  Tambah Lagi 16 Orang, Total Positif di Kabupaten Kediri Capai 96 Kasus

Kapolres juga mengatakan, kasus yang menjerat kepala desa aktif tersebut adalah buntut dari pelaporan masyarakat pada tahun 2019 yang lalu.

Penyidik juga sempat memeriksa saksi-saksi berkenaan dengan kasus tersebut.

Adapun pasal yang dikenakan kepada tersangka dalam hal ini yakni pasal 93 junto pasal 28 ayat 7 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara atau denda Rp 1 miliar.

Baca Juga :  Empat Warga Kediri ODP Kluster Pabrik Rokok Dijemput Tim Gugus Tugas Covid-19

“Dalam menjerat tersangka, penyidik mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya surat menyurat di desa, dimana tersangka menyematkan gelarnya tersebut. Selain itu, pemakaian gelar tersebut dalam administrasi kependudukan seperti KK dan KTP.” Tutupnya.

Sementara itu, hingga berita ini ditulis, Supadi, belum dapat dikonfirmasi perihal kasus yang menjerat dirinya.

Pewarta : Muchlis Ubaidhillah

    Kanal Terkait