Dibatasi saat Hendak Berkebun, Warga Lereng Wilis Demo DPRD - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
IMG20211011103146_copy_640x480-798e5282
Aksi unjuk rasa warga Desa Petungroto di depan Kantor DPRD Kabupaten Kediri (Foto: Anis Firmansyah/satukanal)
BERITA Kanal Straight

Dibatasi saat Hendak Berkebun, Warga Lereng Wilis Demo DPRD

Satukanal.com, Kediri – Perkumpulan Masyarakat Desa Hutan (PMDH) Pelungroto, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri menggelar aksi demo di depan Kantor DPRD Kabupaten Kediri, Senin (11/10/2021).

Aksi masa menuntut upaya pembangunan Desa Petungroto lebih maju secara sosial, ekonomi dan budaya. Dimana lokasi wilayah termasuk dalam kategori terpencil Puncak Gunung Wilis.

Sejumlah 10 tuntutan aksi dilayangkannya, termasuk pembangunan akses jalan, ibadah, transportasi, dan sarana prasarana olahraga.

“Dari 10 tuntutan itu, Ketua Komisi 1 Kabupaten Kediri, akan membantu sepenuhnya terkait terealisasi anggaran dan pembangunan,” ungkap Koordinator Aksi PMDH Arif Fatikunnada, kepada wartawan, Senin (11/10/2021) siang.

Baca Juga :  Bupati Kediri Tegaskan Integritas Saat Pelantikan Kepala Diskominfo

Dalam aksi tersebut, dia menjelaskan Desa Petungroto berada di puncak Gunung Wilis termasuk wilayah di Kabupaten Kediri yang cukup tertinggal dan terpinggirkan.

Disebutkan oleh Arif, satu-satunya mata pencaharian warga ialah berkebun di lahan milik Perhutani. Akhir-akhir ini, beberapa oknum melakukan pembatasan dan intimidasi warga. Padahal mata pencaharian warga sangat bergantung penggunaan lahan Perhutani.

Dengan adanya aksi ini, diharapkan mampu menumbuhkan kesejahteraan warga menjadi lebih baik. “Kemarin tidak bisa bekerja di lahan Perhutani, karena ulah oknum Perhutani yang selalu mengintimidasi warga sekitar. Yang sebelumnya tidak punya pekerjaan tetap, mengandalkan lahan Perhutani,” ujarnya.

Baca Juga :  Persik Vs PSM Makasar, Ajang Reuni Pelatih

Sementara itu, saat audiensi Ketua Komisi 1 Kabupaten Kediri Murdi Hantoro menyetujui tuntutan aksi masa PMDH Petungroto, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Tuntutan-tuntutan tersebut dinilai juga sangat rasional untuk direalisasikan.

Menurutnya, PMDH ini juga menjadi wakil suara dari sebanyak 5000 warga desa Pelungroto, Keamatan Mojo, yang tepatnya berada di Gunung Wilis. “Sepuluh tuntutan nanti, akan kita perjuangkan saat rapat anggaran,” pungkasnya.

 

Pewarta: Anis Firmansyah 
Editor: Ubaidhillah

    Kanal Terkait