Dibalik Keutamaan Malam Lailatul Qadar, Jangan Sampai Terlewat - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Dibalik Keutamaan Malam Lailatul Qadar, Jangan Sampai Terlewat
istimewa
BERITA

Dibalik Keutamaan Malam Lailatul Qadar, Jangan Sampai Terlewat

Satukanal.com, Malang – Malam Lailatul Qadar adalah satu dari sekian banyak misteri ketuhanan yang menyimpan pahala dan keutamaan yang sangat besar. Disebutkan dalam Al-Quran, keutamaan Lailatul Qadar lebih besar dan indah dibanding seribu bulan.

Hal ini menunjukkan betapa mahalnya Lailatul Qadar. Karena mahal, maka Allah SWT pun merahasiakan turunnya. Nabi Muhammad SAW sendiri hanya memberikan kata kunci, kalau Lailatul Qadar mayoritas turun di tanggal-tanggal ganjil sepuluh terakhir Ramadhan.

Mengacu pada petunjuk Nabi Muhammad SAW, malam Lailatul Qadar akan jatuh pada malam-malam tanggal 21, 23, 25, 27 atau 29 Ramadan 1442 H. Jika dilihat dari penanggalan masehi, maka malam Lailatul Qadar akan jatuh pada salah satu di antara malam 3, 5, 7, 9, atau 11 Mei 2021.

Sementara itu, apabila seseorang sholat pada malam Lailatul Qadar maka akan memperoleh pahala besar yang bernilai 1000 bulan, serta ampunan Allah SWT. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW.

“Barangsiapa shalat pada Lailatulqadar karena iman dan mengharapkan pahala, diampuni dosa-dosanya yang telah lampau,” (H.R. Bukhari).

Baca Juga :  Pelancong Coban Rondo Beranjak Normal

Salah satu hikmah dirahasiakannya malam Lailatul Qadar adalah agar umat Islam konsisten beribadah selama Ramadhan, terutama 10 hari terakhirnya. Ketika anda akan melakukan sholat Lailatul Qadar, lakukan 5 amalan berikut ini.

1. Sholat

Sholat menjadi amalan wajib yang ditunaikan bagi setiap Muslim. “Siapa saja yang melaksanakan sholat saat malam Lailatul Qadar karena iman dan berharap pahala dari Allah, dosa-dosanya akan diampuni.” (Hadits Riwayat Bukhari Nomor 1.901).

Selain sholat wajib, ada beberapa amalan salat sunnah yang sebaiknya dilakukan untuk mendapatkan keberkahan malam Lailatul Qadar, di antaranya salat tahajud dan hajat. Salat tahajud bisa dilakukan setelah bangun tidur, dan waktu yang paling tepat adalah di sepertiga malam.

2. Perbanyak Doa 

Salah satu amalan yang dikerjakan dalam malam penuh pengampunan dan rahmat ini adalah banyak berdoa. DIriwayatkan dari Aisyah, beliau bertanya kepada Nabi Muhammad SAW tentang bacaan doa malam Lailatul Qadar seperti apa yang hendaknya dibaca.

Nabi Muhamad menjawab bacaan doa malam Lailatul Qadar :

Baca Juga :  Harga Cabai Besar Naik Dua Kali Lipat

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwan fa’fu ‘anni

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, dan Engkau suka memberi maaf, maka maafkan aku.”

3. Membaca Alquran

Pada malam Lailatul Qadar adalah malam diturunkannya Al-Quran. Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak membaca Al-Quran seperti yang pernah dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

4. I’tikaf

I’tikaf adalah ibadah yang dilakukan dengan berdiam di dalam masjid dengan niat karena Allah. I’tikaf memiliki sejumlah syarat yakni harus beragam Islam, balig, berakal, serta suci dari hadas. Melaksanakan I’tikaf juga perlu dibarengi dengan rangkaian ibadah lainnya seperti banyak membaca shalawat serta sholat.

5. Zikir

Amalan malam Lailatul Qadar lainnya dapat dilakukan dengan memperbanyak zikir sambil terus mengingat Allah, disertai memohon ampunan. Pasalnya, salah satu keutamaan dari Lailatul Qadar adalah banyak malaikat turun ke bumi dan senantiasa mengaminkan setiap doa yang dipanjatkan umat Islam di malam tersebut.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait