Di Malang Ada Parade Budaya Nusantara untuk Meriahkan Semangat Hari Pahlawan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
ADV

Di Malang Ada Parade Budaya Nusantara untuk Meriahkan Semangat Hari Pahlawan

Satukanal.com, Malang – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Malang menggelar acara Parade Budaya Nusantara 2021 (Pradatara 21) untuk menyambut Hari Pahlawan ke-93 sekaligus Sumpah Pemuda ke-76 Rabu, (10/11/2021).

Acara yang diselenggarakan di Aula Sarwakirti Universitas PGRI Kanjuruhan Malang ini menampilkan organisasi dari berbagai daerah sebagai representasi atas keragaman Bangsa Indonesia.

Menurut Rinawati, Kepala Bakesbangpol Kota Malang dasar dari penyelenggaraan acara ini adalah Perda Kota Malang No.1 tahun 2019 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Malang tahun 2018-2023, Perda Kota Malang No.4 Tahun 2021 tentang perubahan apbd tahun anggaran 2021 dan Perwa No. 18 Tahum 2021 tentang penjabaran perubahan APBD tahun anggaran 2021.

Baca Juga :  Genjot Ekonomi Kreatif, Pemkot Malang Siapkan Gedung Malang Creative Center 8 Lantai

“Perserta Pradatara 21 terdiri dari 23 organisasi kedaerahan yang berasal dari berbagai daerah antara lain Malang, Lampung, Bali, Tangerang, Jambi, Aceh, Maluku, Sulbar, Sulteng, Kalsel, Kalbar, NTT, Riau Sumbar, Sumsel, Jabar, Kalteng, Sultra, Gorontalo, Jateng, NTB, Babel, dan Sulsel,” jelas Rinawati.

Ke-23 organisasi kedaerahan ini akan menampilkan berbagai macam seni dan budaya yang berasal dari daerah mereka masing-masing.

Acara ini diselenggarakan secara luring dan daring yang disiarkan melalui kanal Youtube Pemerintah Kota Malang dan mendapatkan sambutan dari beberapa kepala daerah seperti Gubernur Riau, Gubernur Jawa Tengah, Bupati Trenggalek, dan Walikota Bogor.

Pradatara 21 dibuka dengan Tari Bapang Malang yang ditampilkan oleh para siswa dari SMP Negeri 4 Malang. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Ikrar Sumpah Pemuda yang dibacakan oleh Wakil Walikota Malang dengan diiringi para perwakilan organisasi kedaerahan yang hadir.

Baca Juga :  Lindungi Generasi Emas, Pemkot Malang Perkuat Kawasan Tanpa Rokok

Organisasi kedaerahan yang berpartisipasi secara bergiliran menampilkan seni dan kebudayaan yang menjadi ciri khas daerah mereka. Harapannya setelah diselenggarakannya acara ini dapat meningkatkan kerukunan di antara organisasi kedaerahan dan warga Kota Malang.

“Harapannya terbentuknya pola pikir keterbukaan dan akses stabilitas kebudayaan nusantara pada masyarakat termasuk para pendatang yaitu pelajar dan mahasiswa. Jadi semua tahu kebudayaan di Indonesia seperti ini, paling tidak terwakili lah oleh orda-orda yang ada di Kota Malang,” lanjut Rinawati. (Adv)

Kanal Terkait