Desa Wisata Kampoeng Wayang Beji Jadi Destinasi Baru Kota Batu | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Desa Wisata Kampoeng Wayang Beji Jadi Destinasi Baru Kota Batu
BERITA

Desa Wisata Kampoeng Wayang Beji Jadi Destinasi Baru Kota Batu

SATUKANAL.com, BATU – Satu lagi destinasi wisata baru di Kota Batu yakni Kampoeng Wayang Beji yang berada di lokasi Dusun Jamberejo, Desa Beji, Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Berbagai destinasi wisata baru yang terus bermunculan di Kota Batu, tentunya akan meningkatkan sector perekonomian masyarakat yang ada di Kota Batu.

Dibukannya Desa Wisata Kampoeng Wayang Beji, ditandai dengan penancapan gunungan wayang diatas pelepah pisang yang dilakukan oleh Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq pada Minggu (15/11/2020).


Sebelum dilakukannya acara launching Desa Wisata Kampoeng Wayang Beji, Pada acara tersebut juga menampilkan beberapa tarian tradisional, salah satunya adalah tari yang berjudul Garuda Nuswantara. Kemudian dilanjutkan dengan beberapa tarian yakni Kisah Ramayana. Pada penghujung puncak acara juga digelar kesenian Ludruk Suro Aji Suryo.

Pembukaan Desa Wisata Kampoeng Wayang Beji ini telah berlangsung pada 12 November lalu, pada saat pembukaan juga teklah berlangsung beragam kegiatan pertunjukan kesenian. Mulai dari Kirab Tumpeng, ada juga kegiatan keagamaan, pagelaran kesenian Wayang Kulit, hingga terdapat beberapa bazar yang diikuti oleh marga sekitar Desa Wisata Kampoeng Wayang Beji.

Baca Juga :  Wali Kota Batu Tetapkan Darurat Bencana Pada Oktober 2020 Hingga April 2021 di Wilayah Batu

Pagelaran kesenian Wayang Kulit yang di adakan di Desa Wisata Kampoeng Wayang Beji selain memperingati pembukaan wisata ini juga untuk memperingati Hari Wayang Nasional. Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Arief As Siddiq mengatakan bahwa, hadirnya Desa Wisata Kampoeng Wayang Beji ini guna membangun Desa Beji dari sisi seni dan budayanya. Nantinya, di Desa Wisata Kampoeng Wayang Beji setiap tahunnya akan menggelar beberapa kegiatan yang menonjolkan seni dan budayanya.

“Banyak talenta seni di Desa Beji. Karena itu, kami beri apresiasi tinggi sehingga terus memberikan support dengan memfasilitasi dan menjadikan agenda tahunan di Desa Wisata Kampoeng Wayang Beji” ucapnya.

Baca Juga :  Disparta Kota Batu Kembali Gelar Lomba Layang-Layang Hias Dalam Rangka HUT Kota Batu ke-19

Ia juga mengatakan akan terus memberikan dampingan Desa Wisata Kampoeng Wayang Beji agar dapat tumbuh dan berkembang sehingga desa wisata inidapat menjadi destinasi wisata yang diminati oleh wisatawan domestic maupun mancanegara.

Tujuan di dirikannya Desa Wisata Kampoeng Wayang Beji guna meningkatkan perekonomian warga sekitar Desa Beji, dengan menyuguhkan beberapa kreatifitas para warga dalam bidang seni maupun kuliner. Tujuan laindari Desa Wisata Kampoeng Wayang Beji agar ke depannya generasi muda dapat mengenal seni dan budaya khususnya kesenian pewayangan.

Kedepannya Desa Wisata Kampoeng Wayang Beji akan dilakukan beberapa renovasi supaya dapat menonjolkan kampong wayangnya, dengan menyiapkan beberapa ornament-ornamen bertemakan wayang dan beberapa tokoh pewayangan.

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait