Desa Tunjungtirto Jadi Role Model Suksesnya PPKM Mikro di Kabupaten Malang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Desa Tunjungtirto Jadi Role Model Suksesnya PPKM Mikro di Kabupaten Malang
Kanal Straight

Desa Tunjungtirto Jadi Role Model Suksesnya PPKM Mikro di Kabupaten Malang

Satukanal.com, Malang – Tunjungtirto menjadi salah satu Role Model penerapan PPKM mikro di desa yang menyediakan posko pelayanan lengkap. Dalam upaya melaksanakan peningkatan disiplin dan pencegahan Covid-19.

Pernyataan tersebut disampaikan secara langsung oleh Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, Yusharto Huntoyungo, yang melakukan kunjungan kerja di Desa Tunjungtirto Kecamatan Singosari, Kamis (8/4/2021) siang.

Dalam kunjungan kerjannya tersebut, dilaksanakan dalam rangka mengamati keberhasilan penerapan PPKM Mikro dan kegiatan PKK di Desa Tunjungtirto.

Keberhasilan Tunjungtirto dalam pelaksanaan PPKM Mikro didasarkan pada proses pelayanan kepada masyarakat yang sangat lengkap. Seperti adanya tempat isolasi yang diisi oleh relawan asal desa setempat yang berlatar belakang tenaga kesehatan.

“Kami mengapresiasi atas segala upaya berikut langkah yang sudah dilaksanakan untuk memenuhi berbagai kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat untuk melaksanakan peningkatan disiplin dan meningkatkan gerakan pencegahan Covid-19 selama masa pandemi.” ujar Yushartono.

Desa merupakan unsur terkecil dalam melakukan upaya-upaya pencegahan penularan virus. Yushartono menyampaikan, apa yang telah dilakukan oleh Desa Tunjungtirto sudah seharusnya dilakukan oleh pemerintah desa.

Baca Juga :  Sanusi Ingatkan Seluruh Camat Serius Dalam PPKM Darurat

“Ini sungguh contoh yang akan kami jadikan model ideal untuk penerapan PPKM di desa,” ungkap Yusharto.

Atas keberhasilan tersebut, kini Desa Tunjungtirto tidak hanya populer di Kabupaten Malang. Akan tetapi desa ini sudah dikenal sampai 14 provinsi, dan sekitar 193 kabupaten yang berada di wilayah kerja Balai DPMD Malang.

Hal penting yang diterapkan masyarakat Tunjungtirto guna mengatasi pandemi Covid-19 yakni dengan, Modal dasar gotong royong yang ditunjukkan dengan merubah cara kerja, menjadi lebih aware kepada sesama.

Dari situlah timbul rasa perduli pada sesama untuk mau berkontribusi dan berpartisipasi dalam proses melakukan upaya penanganan dan pencegahan Covid-19.

Pada kunjungan Yusharto Huntoyungo, juga turut dihadiri Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto. Wabup menyambut hangat kedatangan Yusharto beserta rombongan ke wilayah Kabupaten Malang.

“Saya mengucapkan terima kasih semoga dengan kunjungan bapak kesini bisa menjadi inspirasi bagi kami dalam rangka mengembangkan tata pemerintahan desa yang baik dan program khusus (PPKM) yang bukan formalitas semata,” ujar Didik.

Baca Juga :  9.998 Keluarga Bakal Terima Bantuan Sosial Tunai

Sementara itu di wilayah Kabupaten Malang yang terdiri dari 33 kecamatan, 398 desa/kelurahan, 15.129 RT, 3.172 RW dan sampai hari ini telah masuk dalam zona kuning.

Namun data sampai hari Rabu kemarin (7/4), zona kuning wilayah Kabupaten Malang telah meningkat menjadi 89, Hal ini menunjukkan keseriusan Pemerintah Kabupaten Malang bersama masyarakat saling bahu membahu saling mendukung dan mengedukasi untuk mengaplikasi program PPKM Mikro.

Sebagai informasi, dalam kesempatan tersebut hadir pula Ketua Bidang 3 Ketahanan Keluarga Tim Penggerak PKK Pusat, Kepala OPD terkait seperti Asisten I Sekda, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala BPBD, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Muspika Singosari, serta tokoh masyarakat setempat.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait