Derita TBC, Satu Warga Binaan Lapas Meninggal di Sel Isolasi | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Derita TBC, Satu Warga Binaan Lapas Meninggal di Sel Isolasi

Satu warga binaan Lapas Klas II B Tulungagung, Sugiantoro ditemukan tewas di sel isolasi lapas, Selasa (31/12). Pesakitan kasus narkotika ini meninggal lantaran diduga sakit Tuberculosis (TB) yang telah lama dideritanya.

Kepala Lapas Klas II B Tulungagung, Ery Taruna melalui Kasi Bimbingan Narapidana/Anak Didik dan Kegiatan Kerja (Giatja) Dedy Nugroho saat dikonfirmasi awak media membenarkan kematian salah satu warga binaannya.

Menurut Dedy, Sugiantoro meninggal secara mendadak, diduga karena penyakit TB yang dideritanya. Sebelumnya mengeluhkan kurang enak badan dan  batuk yang tak kunjung sembuh. Saat dilakukan pemeriksaan kesehatan, diketahui Sugiantoro positif TB.

“Kalau tidak salah, 10 Desember lalu ada pemeriksaan kesehatan. Dia di screening ternyata positif TB,” katanya.

Lantaran positif diketahui menderita TB dan  takut menular ke warga binaan yang lain, Sugiantoro dikarantina di sel isolasi.

Selama dikarantina, kata Dedy tak ada hal yang mencurigakan. Diapun rutin menjalani proses pengobatan TB. Namun malang, saat petugas jaga sedang mengecek kamarnya Selasa (31/12) pagi, Sugiantoro ditemukan sudah tak bernyawa.

“Setelah dinyatakan positif TB, dia langsung mengikuti pengobatan,” jelasnya

Dedy menjelaskan Sugiantoro merupakan salah satu  warga binaan pindahan dari Mojokerto yang tersandung kasus narkotika dengan putusan vonis 6 tahun penjara. Sugiantoro masuk di Lapas Klas IIB Tulungagung pada tahun 2017 lalu. Selama dua tahun ini, Sugiantoro termasuk warga binaan yang berperilaku baik dan tidak terdaftar di register F.

“Kami sudah melaporkan kejadian ini ke pusat. Selain itu, juga melaporkan ke pihak keluarga untuk pemakamannya,” tandasnya.

Kanal Terkait